DPRD Apresiasi Pengelolaan Keuangan Daerah Tahun 2021

DPRD Apresiasi Pengelolaan Keuangan Daerah Tahun 2021

Selain itu, Fraksi PKS pun memberikan pandangan terkait pengelolaan sampah di Kota Tasikmalaya yang tidak pernah tuntas. Dikarenakan produksi sampah yang semakin hari semakin bertambah baik sampah organik dan non organik juga sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga ataupun pabrik. Oleh karena itu, sudah seharusnya Pemerintah Kota Tasikmalaya lebih memfokuskan prioritas anggaran pada Dinas terkait, untuk meningkatkan fasilitas dan kerja OPD dimaksud. 

Hal lain yang jadi pandangan umum Frkasi PKS adalah permasalahan pengelolaan layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di Kota Tasikmalaya semakin kompleks. Dikarenakan belum adanya integrasi data, updating data yang menyeluruh, kurang memadainya sarana dan prasarana layanan administrasi serta tingkat kepadatan penduduk di suatu wilayah yang sangat tinggi sehingga pelayanan administrasi kependudukan tidak optimal. Oleh karena itu, sudah seharusnya Pemerintah Kota Tasikmalaya lebih memfokuskan prioritas anggaran pada Dinas terkait, untuk meningkatkan fasilitas dan kinerja OPD dimaksud. Salah satu faktor peningkatan pelayanan di Instansi Pemerintah adalah pegawai yang sejahtera, baik itu diapresiasi dengan kenaikan jabatan, kenaikan gaji, atau tambahan tunjangan. Seringkali terjadi terutama pegawai pemerintah dengan Perjanjian kerja (P3K) yang mengeluhkan tidak dibayarnya TPP, seiring bertambahnya kenaikan bahan pokok semakin menyudutkan pegawai pemerintah dengan Perjanjain Kerja ini, sehingga bisa mengurangi semangat bekerja dan kualitas pelayanan. Keberhasilan Pembangunan Kota Tasikmalaya tidak terlepas dari peran ASN sebagai penyelenggara pemerintah mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan.

Dalam menjalankan peranan tersebut, ASN dituntut untuk memiliki nilai-nilai ASN yang profesional, kompeten dan berintegrasi serta mempunyai nilai-nilai dasar dari akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu, dan anti korupsi. Selanjutnya untuk mewujudkan karakteristik tersebut, maka Pemerintah Kota Tasikmalaya segera menerapkan Merit System dalam melaksanakan kebijakan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) berdasarkan kualitas, kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar.

Fraksi PKB, Demokrat, Bintang Reformasi juga memberikan pandangan umum yang tidak berbeda jauh dari fraksi-fraksi lainnya. Selain menyampaikan apresiasi terhadap capaian yang sudah diraih oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya, Fraksi PKB, Demokrat dan Bintang Reformasi pun menyoroti masalah peningkatan kualitas kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat Kota Tasikmalaya yang dibiayai dari APBD Kota Tasikmalaya pada tahun 2021. (*/red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: