Sebelum Landing di Madinah, Calon Jemaah Haji Indonesia Meninggal

Sebelum Landing di Madinah, Calon Jemaah Haji Indonesia Meninggal

Radartasik, BANDA ACEH – Jemaah calon haji Indonesia meninggal dunia dalam pesawat, sebelum landing di Bandara Amir Muhammad Abdul Aziz, Madinah.

Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh Iqbal Kantor menyatakan, almarhum bernama Muslim Abdul Wabah Salam yang meninggal menjelang pendaratan pesawat.

“Jamaah haji atas nama Muslim Abdul Wabah Salam meninggal dalam pesawat, 15 menit sebelum landing di Bandara Amir Muhammad Abdul Aziz, Madinah,” katanya, Rabu, 15 Juni 2022 dikutip dari Fajar Indonesia Network (FIN).

BACA JUGA:11 Tahun Menanti, Jemaah Haji Termuda Kabupaten Tasik Berangkat ke Tanah Suci, Bupati: Saya Berangkat 3 Juli

Diungkapkannya, almarhum merupakan warga Kabupaten Pidie Jaya dan meninggal di usia 51 tahun. Almarhum berasal dari kloter pertama, pemegang nomor paspor C6765252.

Menurut laporan, jemaah ini memiliki diagnosa penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD). Ia dinyatakan meninggal dunia saat masih dalam pesawat sekitar pukul 4.37 Waktu Arab Saudi (WAS).

Sementara untuk fardhu kifayah, menurut Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) kloter satu Embarkasi Aceh Muhammad Qusay, shalat jenazah akan dilaksanakan di Masjid Nabawi dan pemakaman di Baqi.

BACA JUGA:Alhamdulillah…Lolos Vaksin Booster dan PCR, 404 Calon Jemaah Haji Kabupaten Tasikmalaya Diterbangkan

"Saat ini dalam proses pengurusan jenazah bersama pihak maktab untuk proses fardhu kifayah, kita minta dishalatkan di Masjid Nabawi dan pemakaman kemungkinan di Baqi," kata Qusay. 

Sebelumnya, sebanyak 393 orang jamaah calon haji Embarkasi Aceh diterbangkan ke Madinah menggunakan pesawat SKYTEAM Garuda Indonesia melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar pada Rabu, dini hari.

BACA JUGA:Inalillahi Wainailaihi Rojiun, Jemaah Haji Wafat Usai Menunaikan Salat, Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

Jemaah kloter pertama itu berangkat sekitar pukul 01.25 WIB. Sebelumnya, jemaah telah lebih dulu masuk ke Asrama Haji Embarkasi Aceh di Banda Aceh, sehari sebelum jadwal penerbangan.

Selama di asrama, mereka mengikuti serangkaian kegiatan dan pemeriksaan, termasuk pemeriksaan kesehatan tahap akhir dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Dinas Kesehatan Aceh.

"Alhamdulillah kondisi jamaah semua sehat, yang berangkat 393 jamaah. Seperti kita lihat tadi, semua jemaah siap diberangkatkan dan semua sehat," kata Iqbal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: