Iran Matikan Kamera Pengawas PBB di Fasilitas Nuklirnya

Iran Matikan Kamera Pengawas PBB di Fasilitas Nuklirnya

Radartasik, Iran mengumumkan akan menghentikan kerja sama dengan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) di luar Perjanjian Nonproliferasi Nuklir (NPT) pada hari Rabu (08/06/2022) kemarin.

Langkah itu akan membuat kamera pengawas nuklir PBB di fasilitas nuklir Iran akan dibongkar jika tidak dilindungi oleh perlindungan NPT menurut penjelasan otoritas Iran.

Pengumuman itu muncul saat Iran menutup On-Line Enrichment Monitor (OLEM) dan flow meter yang dipasang oleh IAEA di salah satu lokasi nuklirnya.

Teheran melakukan langkkah itu karena pengawas PBB tidakmenghargai kerja sama yang dimilikinya dengan pihak berwenang Iran.

Iran menganggap IAEA gagal memahami bahwa kerja sama ini hasil dari "niat baik Teheran," sementara organisasi energi atom negara (AEOI) mengatakan bahwa IAEA merasa kerja sama tersebut sebagai keajiban Iran.

AEOI kemudian memutuskan dua kamera pemantau IAEA dan menambahkan bahwa sebagian besar kamera masih dilindungi oleh perlindungan NPT yang akan beroperasi seperti sebelumnya.

Menurut media Iran, sekitar 80% kamera pemantau pengawas nuklir PBB di fasilitas nuklir Iran termasuk dalam perjanjian ini.

Juru bicara AEOI, Behrouz Kamalvandi yang mengawasi prosedur pembongkaran kemudian mengatakan kepada penyiar TV nasional Iran bahwa Teheran akan "menghentikan ... kerja sama yang berada di luar perjanjian perlindungan [NPT]."

“Teheran sekarang sedang mempertimbangkan langkah-langkah tambahan di bidang yang sama, tutur Kamalvandi kepada para wartawan.

“Kami merencanakan langkah lain. Kami berharap IAEA sadar dan membalas kerja sama Iran. Tidak dapat diterima bagi Iran untuk melanjutkan kerja sama, sementara pihak lain tidak menunjukkan perilaku yang tepat,” lanjutnya dikutip dari Russian Today.

BACA JUGA:Pesawat Marinir AS Yang Diduga Membawa Bahan Nuklir Jatuh di California

Langkah mematikan kamera  dilakukan sebagai tanggapan atas rancangan resolusi yang diajukan oleh AS, Inggris, Prancis, dan Jerman ke dewan IAEA.

Dokumen tersebut menuduh Iran tidak sepenuhnya menjawab pertanyaan pengawas nuklir PBB tentang beberapa jejak uranium di tempat yang disebut situs yang tidak diumumkan.

Dokumen tersebut diperkirakan masih akan diperdebatkan dan diputuskan akhir pekan ini pada pertemuan triwulanan dewan IAEA yang beranggotakan 35 negara.

“Masalah perlindungan di tiga situs nuklir yang diduga tidak diumumkan di Republik Islam tetap menonjol karena kerja sama substantif yang tidak memadai oleh Iran, meskipun banyak interaksi dengan badan tersebut,” menurut dokumen itu yang dilihat oleh Reuters.

Teheran berargumen bahwa pihaknya secara sukarela memperluas kerja samanya dengan IAEA di luar perjanjian perlindungan NPT dan mengharapkan data yang dikumpulkan tidak dibagikan tanpa persetujuan Teheran.

“Iran tidak memiliki aktivitas nuklir tersembunyi atau tidak terdokumentasi atau … situs yang dirahasiakan,” kata kepala AEOI, Mohammad Eslami, menyebut semua bukti atas dugaan keberadaan mereka sebagai “dokumen palsu” yang bertujuan untuk mempertahankan “tekanan maksimum” untuk Teheran.

Iran telah mencapai kesepakatan tentang program nuklirnya dengan kekuatan dunia pada tahun 2015. Teheran setuju untuk kontrol IAEA tambahan atas situs nuklirnya dan ambang pengayaan tertentu dengan imbalan keringanan sanksi.

Pada tahun 2018, pemerintahan Presiden AS Donald Trump secara sepihak meninggalkan kesepakatan dan menerapkan kembali sanksi terhadap Iran, yang menargetkan minyak, petrokimia, pengiriman dan sektor lainnya.

Setelah Joe Biden menjadi presiden AS, pembicaraan antara Iran dan kekuatan dunia mengenai masalah tersebut telah dilanjutkan tetapi terhenti lagi pada bulan Maret setelah satu tahun negosiasi.

Iran menuntut jaminan dari Washington bahwa presiden AS di masa depan tidak akan menarik diri dari perjanjian baru dan meminta AS untuk menghapus Korps Pengawal Revolusi Islam Iran dari daftar organisasi terorisnya. AS sendiri belum menanggapi permintaan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today