Keunikan Pasar Senggol Turki

Keunikan Pasar Senggol Turki

Radartasik, ISTAMBUL – Di Halic Congress Center, Istanbul, Turki, diselenggarakan event Festival Pasar Senggol.

Event tersebut diselenggarakan oleh komunitas ekonomi diaspora dan perhimpunan pelajar Indonesia (PPI) Turki.

Festival Pasar Senggol mendapatkan dukung penuh dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul.

Dilansir dari laman kemlu.go.id, Rabu, 8 Juni 2022, Festival Pasar Senggol Turki diisi pameran dagang, bazar, kuliner dan festival budaya terpadu.

Festival Pasar Senggol sebagai pasar besar (marketplace) produk komunitas diaspora ekonomi Indonesia.

Penyelenggaraan Festival Pasar Senggol beranjak dari diskusi para diaspora, pelajar dan KJRI (Konsul Jenderal Republik Indonesia) Istanbul.

Kala itu, mereka diskusi tentang perlunya wadah atau marketplace bagi komunitas ekonomi diaspora Indonesia untuk memperkenalkan dan memasarkan produknya ke masyarakat luas di Turki.

Diskusi tersebut ditindaklanjuti para diaspora dan PPI Turki dengan menyelenggarakan Festival Terpadu Pasar Senggol. Event itu memadukan aspek promosi ekonomi, kuliner dan pagelaran budaya Indonesia di Istanbul untuk pertama kalinya.

Konjen RI Istanbul Imam As’ari menyampaikan Festival Pasar Senggol diharapkan menjadi ikon kegiatan ekonomi dan budaya diaspora Indonesia di Turki yang diselenggarakan reguler setiap tahun.

Seiring dengan persiapan Festival Pasar Senggol, para diaspora ekonomi Indonesia di Istanbul dengan dipandu KJRI Istanbul juga menggagas terbentuknya Komunitas Ekonomi Diaspora Indonesia (KEDI).

KEDI diharapkan dapat menjadi wadah tukar informasi, kolaborasi dan pemberdayaan pelaku usaha dan calon wirausaha diaspora Indonesia di Istanbul dan wilayah lainnya di Turki.

Berdasarkan catatan Kamar Dagang Istanbul, per Februari 2022, terdapat 42 perusahaan aktif yang didirikan/terdapat kepemilikan saham WNI. Deklarasi pendirian KEDI akan dilakukan di ajang Festival Pasar Senggol.

Festival Pasar Senggol dimeriahkan puluhan diaspora penggiat usaha kuliner Indonesia di Istanbul dan sekitarnya.

Di samping itu, sejumlah wirausahawan diaspora lainnya dan beberapa UMKM Indonesia juga akan memamerkan berbagai produk Indonesia, mulai dari produk kerajinan, perhiasan, pakaian, makanan hingga jasa spa dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kjri istambul