Lebanon Peringatkan Israel Soal Cadangan Gas Alam di Perairan Mediterania

Lebanon Peringatkan Israel Soal Cadangan Gas Alam di Perairan Mediterania

Radartasik, Pertempuran di perairan Mediterania yang kaya akan cadangan gas alam meletus ketika Michel Aoun Presiden Lebanon memperingatkan Israel yang mencoba memanfaatkan kekayaan lepas pantai tanpa terlebih dahulu menyelesaikan sengketa teritorial akan dianggap sebagai "provokasi."

“Setiap tindakan atau aktivitas di wilayah yang disengketakan merupakan provokasi dan tindakan agresif,” kata Aoun dalam sebuah pernyataan.

Dia membuat komentarnya setelah kapal penyimpanan dan pembongkaran produksi terapung (FPSO) tiba di daerah yang disengketakan, di mana perusahaan hulu Energean yang berbasis di London berencana untuk mulai memompa gas dari ladang Karish di bawah kontrak dengan pemerintah Israel akhir tahun ini.

Aoun mengatakan dia membahas kedatangan FPSO dengan Perdana Menteri Najib Mikati dan meminta Komando Angkatan Darat Libanon untuk memberinya data yang akurat dan resmi untuk masalah ini.

Mikati menyebut situasi itu sangat berbahaya dan mengatakan Israel berusaha menciptakan krisis baru setelah melanggar batas kekayaan maritim Lebanon dan memaksakan mengambil keuntungan di wilayah yang disengketakan.

BACA JUGA:Suriah Klaim Rudal Israel Terbang Diatas Damaskus

Karish terletak sekitar 90 km barat Haifa, dekat dengan ladang gas yang jauh lebih besar di Leviathan dan Tamar yang memiliki cadangan lebih dari 300 juta barel.

Energean menandatangani kontrak pada bulan Maret lalu untuk menjual gas alam dari Karish ke Israel Electric Co perusahaan pembeli gas terbesar Israel.

Yerusalem telah mengklaim bahwa Karish terletak di zona ekonomi eksklusif Israel, seperti yang diakui oleh PBB dan tidak tunduk pada sengketa wilayah dengan Lebanon.

Aoun mengatakan negosiasi untuk menyelesaikan masalah ini terus berlanjut dan kedua negara telah mengajukan perselisihan dengan PBB mengenai klaim maritim mereka yang tumpang tindih.

Dikutip dari Russian Today, Hizbullah Libanon mengancam akan mengambil tindakan jika Israel mengambil cadangan gas alam di daerah yang disengketakan tanpa menyelesaikan kebuntuan sengketa territorial terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today