Suriah Klaim Rudal Israel Terbang Diatas Damaskus

Suriah Klaim Rudal Israel Terbang Diatas Damaskus

Radartasik.com, Suriah, Beberapa ledakan terdengar di Damaskus sebelum pukul 01:00 waktu setempat, media Suriah lalu menuduh Israel melakukan serangan rudal lagi pada hari Rabu (27/04/2022) kemarin.

Sementara Tel Aviv belum secara resmi mengomentari klaim tersebut, tetapi Israel telah berulang kali menyerang apa yang dikatakannya sebagai "aset" Iran di dalam wilayah Suriah, mengklaim itu bentuk pertahanan diri.

Pertahanan udara Suriah dilaporkan menghadapi "agresi Israel" di langit  Damaskus menurut kantor berita negara SANA, tetapi tidak ada detil lebih lanjut dari peristiwa tersebut.

Ada laporan yang belum dikonfirmasi bahwa setidaknya setengah lusin rudal telah ditembakkan ke wilayah Suriah dan setidaknya dua berhasil menembus pertahanan udara.

Sebuah "ledakan besar" dilaporkan terjadi di daerah pedesaan provinsi Damaskus, di barat laut ibukota.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) belum secara resmi mengakui serangan itu. Namun Tel Aviv jarang melakukannya mereka merasa mempunyai hak untuk mengebom Suriah demi membela diri.

Dikutip dari Russian Today, Damaskus mengutuk serangan ini sebagai tindakan agresi dan pelanggaran kedaulatan Suriah.

Israel War Room, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di AS, mengatakan bahwa penerbangan Israel “terlibat dalam serangan udara defensif yang ditargetkan terhadap aset Iran di dan sekitar Damaskus,” menambahkan bahwa Israel “memiliki hak untuk mempertahankan perbatasannya dari penumpukan perangkat keras militer Iran dan proksi teroris.”

Teheran dan milisi Syiah Hizbullah sama-sama mendukung pemerintah Suriah melawan Negara Islam (IS, sebelumnya ISIS) dan jihadis yang didukung Turki yang berafiliasi dengan Al-Qaeda yang berusaha menggulingkan pemerintah di Damaskus sejak 2011.

Suriah diketahui mengoperasikan sejumlah sistem pertahanan udara buatan Rusia, jet Israel biasanya menembakkan rudal dari wilayah udara Lebanon, atau meluncurkannya dari posisi mereka di Dataran Tinggi Golan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today