Jersey Tangan Tuhan Milik Maradona Diperkirakan Akan Terjual Lebih Dari 4 Juta Euro di Balai Lelang.

Jersey Tangan Tuhan Milik Maradona Diperkirakan Akan Terjual Lebih Dari 4 Juta Euro di Balai Lelang.

Radartasik.com, Jersey yang dikenakan Maradona saat mencetak gol dengan tangan di Piala Dunia 1986 lawan Inggris diperkirakan bernilai lebih dari 4 juta Euro saat di lelang.

Maradona mencetak gol pertama dengan cara yang kontroversial, ia menggunakan tangannya untuk mengalahkan Peter Shilton .

Diketahui jersey No10 berwarna biru ikonik milik Maradona telah dimiliki oleh mantan gelandang Three Lions, Steve Hodge.

Hodge saat itu bertukar kaus dengan Maradona setelah kekalahan yang memilukan.

Pemain berusia 59 tahun itu tidak memiliki momen terbaik. Secara tidak sengaja Hodge menjentikkan bola ke udara dan membuat Maradona mencetak gol "Tangan Tuhan" yang terkenal itu.

Hodge berkata: "Saya telah menjadi pemilik bangga item ini selama lebih dari 35 tahun, sejak Diego dan saya bertukar kaus di terowongan setelah pertandingan.”

"Merupakan hak istimewa untuk bermain melawan salah satu pemain sepak bola terhebat dan terhebat sepanjang masa,” akunya.

Hodge menambahkan, "Baju Tangan Tuhan memiliki makna yang mendalam bagi dunia sepak bola, orang-orang Argentina dan orang-orang Inggris dan saya yakin bahwa pemilik baru akan sangat bangga memiliki baju sepak bola paling ikonik di dunia."

Kemeja itu diperkirakan akan terjual seharga A£4 juta di rumah lelang Streetwear and Modern Collectables, yang akan menyaingi jersey jalanan Yankee milik Babe Ruth sebagai kemeja paling mahal yang pernah dipakai untuk pertandingan yang dijual di lelang.

Rekor saat ini di angka lebih dari A£ 4,3 juta.

Brahm Wachter, Head of Streetwear and Modern Collectables di Sotheby's, mengatakan: "Tangan Tuhan benar-benar momen tunggal tidak hanya dalam sejarah olahraga, tetapi juga dalam sejarah abad ke-20.”

"Momen itu bergema jauh melampaui dunia sepak bola, datang segera setelah konflik Falklands, dan pada gilirannya menginspirasi buku, film, dan documenter,” ungkapnya.

"Maradona sekarang dikenang sebagai salah satu yang terhebat yang pernah memainkan permainan sepak bola dan permainan khusus ini adalah bagian penting dari warisannya,” pungkasnya dikutip dari The Sun.

"Tentu saja, tidak hanya gol “The Hand of God” yang dicetak dalam pertandingan ini, tetapi juga, “Goal of the Century” yang secara luas dianggap sebagai salah satu gol individu terbesar sepanjang masa," tuturnya.

Sejak kematian Maradona pada November 2020, sejumlah barang lamanya telah dilelang termasuk dua rumah tuanya dan tiga bekas mobilnya. (sal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: