Sama Seperti Muhammadiyah, Jemaah An Nadzir Tetapkan 1 Ramadan Jatuh pada 2 April

Sama Seperti Muhammadiyah, Jemaah An Nadzir Tetapkan 1 Ramadan Jatuh pada 2 April

Radartasik.com, GOWA Kendati pemerintah belum memutuskan awal jatuhnya Ramadhan 1443 Hijriyah, jemaah An Nadzir di Kabupetan Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), telah menetapkan bahwa 1 Ramadan jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022. 


Penetapan 1 Ramadan itu diputuskan setelah tim pemantau bulan An Nadzir melakukan pemantauan dan perhitungan bulan Syakban sejak masuknya bulan purnama di hari ke 14, 15, dan 16. 

PimpinanJemaah An Nadzir, Ustaz Samiruddin Pademmui mengatakan, berdasarkan perhitungan tim pemantau bulan An Nadzir, akhir bulan Syakban terjadi pada Jumat siang (1/4/2022). Perpisahan bulan Syakban ke Ramadan itu terjadi sekitar jam 14.39 siang. 

“Puasa penuh 1 Ramadan 1443 H terhitung Insyaallah, dimulai hari Sabtu, 2 April 2022,” kata Ustaz Samiruddin Pademmui. Namun demikian, Ustaz Samiruddin Pademmui mengatakan, jemaah An Nadzir akan berpuasa pada Jumat dengan niat menjemput Ramadhan. 

Puasa dengan niat menjemput Ramadhan itu dilakukan jemaah An Nadzir karena di hari Jumat siang sudah terjadi perpisahan bulan Syakban ke bulan Ramadhan. 

“Namun estimasinya, hari Jumat kami sudah mulai berpuasa dengan niat menjemput Ramadan,” kata dia. 

Sebelumnya Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan bahwa ibadah puasa 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada Sabtu tanggal 2 April 2022.  Keputusan tersebut tertuang dalam maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 Tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan Syawal dan Zulhijah 1443 H. (fly/pojoksulsel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: