Penyebab Stroke dan Gejala Utama Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Stroke dan Gejala Utama Yang Harus Diwaspadai

Radartasik.com, Stroke adalah kondisi kesehatan darurat yang mengancam jiwa dan dapat membuat penderitanya mengalami komplikasi kesehatan jangka panjang.

Lebih dari 100.000 orang menderita stroke setiap tahun di Inggris dan mereka bertanggung jawab atas lebih dari 38.000 kematian.

Sementara itu, ada 1,3 juta orang yang tinggal di Inggris yang selamat dari stroke tetapi banyak yang hidup dengan disabilitas.

Stroke adalah serangan otak yang mengancam jiwa, terjadi ketika suplai darah ke bagian otak terputus, tanpa darah, sel-sel di otak Anda dapat terbunuh atau mengalami kerusakan.

Ini dapat memiliki efek yang berbeda tergantung di mana di otak kerusakan ini terjadi.

Serangan itu dapat mengubah cara berpikir dan merasa serta menyebabkan masalah bicara atau kelumpuhan di satu sisi.

Bagi beberapa orang, efek stroke bisa relatif kecil dan akan memudar dengan cepat, tetapi yang lain dapat menjadi masalah yang membuat mereka harus bergantung pada orang lain.

Sekitar satu dari delapan orang yang menderita stroke meninggal dalam waktu 30 hari, jadi sangat penting untuk mendapatkan bantuan medis sesegera mungkin.

Semakin cepat mendapat perawatan, semakin besar kemungkinan mereka untuk bertahan hidup.

Ada dua jenis stroke yang utama, yang pertama stroke iskemik menjadi yang paling umum, terhitung 85 persen dari semua kasus yang disebabkan oleh penyumbatan yang memutus suplai darah ke otak.

Kedua, stroke hemoragik yang disebabkan oleh pendarahan di dalam atau di sekitar otak, ketika pembuluh darah yang memasok darah ke otak pecah.

Lalu apa saja gejalanya?

Metode FAST, singkatan dari Face, Arms, Speech, Time  adalah cara termudah untuk melihat gejala stroke yang paling umum:

Face = Wajah terkulai
Jika satu sisi wajah seseorang turun atau mati rasa maka mintalah mereka untuk tersenyum, jika tidak rata maka Anda harus mencari bantuan.

Arms = Kelemahan lengan
Jika satu lengan lemah atau mati rasa, maka harus meminta orang tersebut untuk mengangkat kedua lengannya. Jika satu lengan melayang ke bawah maka mungkin ia perlu mendapatkan bantuan

Speech = Kesulitan bicara
Jika melihat seseorang bicara tidak jelas atau cadel maka ini bisa menjadi tanda stroke

Time = Waktu
Jika melihat seseorang memiliki tanda-tanda di atas maka perlu secepatnya membawa ke rumah sakit untuk perawatan darurat.

Dikutip dari The Sun, ada gejala lain yang termasuk tanda terkena stroke:

1. Lemah tiba-tiba atau mati rasa di satu sisi tubuh
2. Kesulitan menemukan kata-kata
3. Penglihatan kabur tiba-tiba atau kehilangan penglihatan
4. Kebingungan tiba-tiba atau pusing
5. Sakit kepala tiba-tiba yang parah
6. Kesulitan memahami apa yang orang lain katakan
7. Kesulitan menelan

Jika salah satu dari gejala ini terjadi kurang dari beberapa jam, mungkin itu gejala serangan iskemik transien (TIA).

Stroke iskemik menjadi bentuk paling umum dari kondisi ini, terjadi ketika gumpalan darah mencegah aliran darah dan oksigen ke otak. Ini biasanya disebabkan oleh arteri yang semakin menyempit seiring waktu.

Penting untuk menghubungi dokter umum atau rumah sakit setempat jika mengalami gejala-gejala ini, karena dapat meningkatkan risiko stroke dalam waktu dekat. (sal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: