7 Makanan Yang Berpotensi Membuat Bau Mulut

7 Makanan Yang Berpotensi Membuat Bau Mulut

Radartasik.com, Anda mungkin harus menghindari memesan tujuh makanan ini jika ingin berkencan di akhir pekan.

Seorang dokter gigi mengatakan makanan ini paling berpotensi membuat bau mulut .

Bau mulut sendiri bisa diakibatkan dari kurangnya kebersihan mulut serta beberapa kondisi medis .

Namun yang lebih sering, hal itu disebabkan oleh makanan tertentu yang baunya cenderung tertinggal di mulut.

Payal Bhalla, dokter gigi utama dan direktur klinis Quest Dental, mengungkapkan makanan terburuk yang harus dihindari agar mulut tidak bau.

1. Kopi
“Sedih rasanya bagi pecinta kopi untuk mendengarnya, sayangnya minuman berkafein bisa menyebabkan bau basi, seperti bau mulut,” kata Payal.

“Ini karena kopi mengandung senyawa asam dan sulfat yang bisa meninggalkan bau basi di napas dalam waktu lama setelahnya,” lanjutnya.

Kopi juga dapat mengurangi produksi air liur, yang diperlukan untuk membersihkan mulut secara alami dan menghilangkan bakteri jelas Payal.

Selain itu, kopi juga dapat memiliki efek pengeringan pada mulut yang dapat meningkatkan kemungkinan bau mulut yang lama.

Menghindari kopi bisa tampak seperti sesuatu yang tidak mungkin dilakukan, jadi jika tidak bisa berkompromi, minumlah banyak air putih untuk menjaga mulut tetap terhidrasi.

2. bawang Bombay

Bawang adalah bahan dasar dari lusinan makanan setiap hari.

"Namun itu tidak begitu bagus untuk nafas," Payal memperingatkan.

Ia menambahkan, “Bawang mengandung senyawa belerang yang artinya mengeluarkan bau khas saat dipotong atau dihaluskan.”

“Bahan belerang yang kuat ini berarti bahwa ketika tertelan baunya dapat bertahan lama di mulut, di lidah dan di antara gigi,” tuturnya.

Payal menyarankan bahwa jika memiliki masalah dengan bau mulut, sikat gigi setelah makan bawang sangat baik untuk menghilangkan risiko mengeluarkan bau belerang.

3. Susu

Keju, es krim atau susu dalam minuman ringan, ini mungkin alasan di balik bau mulut.

Payal mengatakan: “Susu sering menjadi kejutan bagi orang-orang, tetapi memang benar bahwa susu dapat menyebabkan bau mulut.

“Ini karena bakteri alami dari lidah Anda memakan asam amino dalam susu dan keju,” jelasnya.

"Ini berarti bau yang tertinggal di mulut Anda setelah tertelan seringkali bisa berbau sangat busuk dan tidak menyenangkan," terang Payal.

4. Alkohol

Ini jelas tidak mengejutkan, kita semua mungkin pernah mencium bau alkohol pada napas seseorang.

Payal menerangkan: “Perhatikan bahwa ketika Anda bangun karena mabuk, mulut Anda terasa dan berbau busuk?

“Itu karena tubuh dan mulut Anda mengalami dehidrasi akibat konsumsi alkohol dan ini berarti produksi air liur lebih sedikit,” jelasnya.

Payal menambahkan, “Alkohol dapat menyebabkan mulut kering dan ketika mulut sangat kering, itu dapat mendorong pertumbuhan bakteri yang meningkatkan kemungkinan bau mulut.”

Saat minum alkohol, untuk mengurangi dampaknya pada napas adalah dengan meminum air putih saat minum alkohol .

5. Bawang Putih

"Ini adil untuk mengasumsikan bahwa kebanyakan orang sadar akan bau bawang putih," kata Payal.

Bawang putih memiliki bau khas yang kuat, dan sekali di mulut, dapat bertahan lama selama beberapa hari.

Payal menjelaskan: “Bawang putih berada dalam keluarga makanan yang sama dengan bawang merah, karena juga mengandung senyawa belerang yang memberikan rasa yang kuat, sehingga sekali dimakan baunya dapat tertinggal di mulut dan di antara gigi.”

6. kari

Bawang merah, bawang putih dan rempah-rempah merupakan campuran sempurna untuk bau mulut.

“Kari sering dapat menyebabkan bau mulut karena banyaknya bahan yang kuat dan khas yang digunakan dalam resep, dan bahan-bahan ini sering tertinggal di mulut selama berjam-jam setelahnya,” kata Payal.

Ini mungkin ide yang baik untuk menghndari makanan ini dari menu pada kencan pertama.

7. Ikan

Payal menerangkan makan ikan dengan bau yang lebih amis seperti salmon dan tuna, kemungkinan besar akan mengalami napas yang tidak enak setelahnya.

Ikan mengandung senyawa yang disebut trimetilamina, yang dapat bertahan lama di mulut dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Beberapa orang diketahui memiliki kondisi mulut yang disebut trimetilaminuria (TMAU), yang menyebabkan mereka memiliki bau amis yang tidak menyenangkan.

Dikutip dari The Sun, terkadang kondisi ini tidak dapat disembuhkan karena disebabkan oleh gen yang salah yang diwarisi dari orang tuanya. (sal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: