Kebutuhan Pangan Dipastikan Aman

Kebutuhan Pangan Dipastikan Aman

radartasik.com, Menjelang Ramadan dan Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten Garut memastikan stok komoditas pangan asal ternak aman. Hal ini kerena saat hari raya itu memasuki masa panen.


Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut Ir H Sofyan Yani MSi menuturkan stok pangan asal ternak, baik ikan maupun domba, ayam juga telur dan daging sapi cukup aman.

Berdasarkan identifikasi terutama peternakan sapi di Malangbong, Wanaraja, Margawati, saat ini ada 1.000 ekor sapi antisipasi Ramadan.

“Dari 1.000 ekor sapi, rata-rata 300 kg bobot hidup itu diperkirakan dagingnya separuh atau 50 persen, maka bisa tersedia 150.000 kilogram. Ini aman untuk ketersediaan daging di Garut,” tuturnya di Kantor Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut Jalan Patriot Kecamatan Tarogong Kidul, Rabu (23/3/2022).

Selain daging, kata dia, ketersedian telur di Garut bisa terpenuhi meskipun saat ini kemampuan produksi dari Usaha Peternakan Rakyat (UPR) baru mencapai 40 persen dari kebutuhan masyarakat.

“Meskipun dari UPR baru bisa memproduksi 40 persen, tetapi untuk ketersediaan masyarakat dipastikan tidak ada masalah,” ujarnya.

Sementara untuk komoditas ikan, pihaknya juga memastikan untuk kebutuhan Ramadan dan Idul fitri aman.

Hal itu karena ditunjang dari pembudidayaan ikan di Kecamatan Tarogong Kaler dan daerah Minapolitan meliputi Karangpawitan, Wanaraja, Sucinaraja, Banyuresmi, Sukawening dan Pengatikan yang merupakan penghasil ikan mas, nila dan nilem.

“Secara produksi memang masih kurang untuk kebutuhan masyarakat. Kita disuplai dari luar sentra-sentra produksi ikan dari Subang, Purwakarta dan Majalaya,” katanya. (son)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: