Ini Dia 9 Minuman yang Bisa Menurunkan Asam Lambung Tinggi

Ini Dia 9 Minuman yang Bisa Menurunkan Asam Lambung Tinggi

Radartasik.com  - Salah satu penyebab utama terjadinya penyakit maag adalah naik atau tingginya asam lambung dalam tubuh kita. Dan ada beberapa faktor yang bisa berkontribusi terhadap naiknya asam lambung tersebut, seperti waktu makan, postur setelah makan, konsumsi alkohol, merokok, konsumsi minuman berkafein dan penggunaan rempah-rempah yang berlebihan dalam makanan. 

Dikutip laman Ndtv, ada sejumlah minuman sehat dan lezat yang dinilai bisa menurunkan asam lambung kita yang tiba-tiba saja meningkat drastis. Berikut 9 jenis minuman sehat tersebut:

1. Air Kelapa 
Asam lambung yang meningkat drastis terasa seperti tenggorokan terbakar. Dalam situasi seperti itu, Anda dapat mencari minuman sejuk dan menyegarkan, salah satunya air kelapa. 

Ini adalah minuman paling murni yang ditawarkan alam. Minum air kelapa menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa. Begini cara kerjanya. Kelapa kaya akan karbohidrat dan elektrolit seperti natrium, kalium, dan magnesium. Sangat cocok diminum untuk rehidrasi yang meninggalkan efek mendinginkan. Kandungan kalium air kelapa (7mEq dalam 100ml) cukup baik untuk menyeimbangkan pH lambung.

2. Susu Dingin 
Susu dingin rendah lemak memberikan satu bantuan instan dari mulas. Sedangkan susu penuh lemak memiliki persentase lemak yang lebih besar dan bisa memperburuk asam lambung. 

3. Smoothie Terdiri dari sayuran, buah-buahan dan smoothie gandum yang kaya akan serat. Asupan serat yang tinggi memiliki nilai rasa kenyang yang lebih tinggi. Makan lebih sedikit juga mencegah asam lambung tinggi. Anda bisa menyiapkan smoothie pisang oat dalam susu dingin dengan mudah di rumah. 

4. Jus sayuran
Sayuran berada dalam kisaran pH basa, tetapi bila digabungkan dengan kandungan air yang tinggi bisa mengurangi kemungkinan refluks asam. Beberapa pilihan terbaik adalah jus lemon dengan mint dan jus labu botol. 

5. Jus lemon 
Secara umum diyakini bahwa buah jeruk bersifat asam dan bisa memperburuk keasaman. Namun, beberapa tetes lemon dalam air hangat dengan madu bisa membantu pencernaan dan mengurangi kemungkinan refluks asam serta bersifat basa dibandingkan dengan pH lambung. 

6. Jus Lemon Jahe 
Jahe parut direbus dalam air dengan bubuk jinten, garam batu dan lemon, disaring dan disajikan setelah makan adalah kombinasi yang bagus untuk membantu pencernaan. 

7. Cuka Sari Apel 
Meskipun asam dengan sendirinya bisa menyebabkan iritasi tenggorokan pada tenggorokan yang sudah meradang, bila dikonsumsi dalam bentuk konsentrat, asupan rutin cuka sari apel encer dalam air hangat bisa membantu pencernaan sehingga mengurangi refluks asam. 

8. Probiotik Bakteri 
Ramah usus meningkatkan pencernaan dan mencegah refluks asam. Probiotik meningkatkan bakteri sehat di usus. Buttermilk rendah lemak asin adalah pilihan sehat yang bisa Anda coba. 

9. Air adas Air adas bermanfaat bagi kesehatan Anda dalam berbagai cara, menenangkan peradangan, melemaskan otot, meningkatkan pencernaan dan mengurangi refluks asam dalam jangka panjang.  (fny/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: