Kepengurusan IESPA 2021-2026 Resmi Dilantik, Siap Dorong Jutaan Gamers Jawa Barat Berprestasi

Kepengurusan IESPA 2021-2026 Resmi Dilantik, Siap Dorong Jutaan Gamers Jawa Barat Berprestasi

Radartasik.com, BANDUNG — Kepengurusan Perkumpulan Olahraga Elektronik Indonesia atau Indonesia eSports Association (IESPA) Provinsi Jawa Barat periode 2021-2026 resmi dilantik di Hotel Savoy Homann Bandung, Sabtu (12/3/2022). Menariknya acara pelantikan IESPA Jabar digelar atas kerjasama dengan PT Cahaya Anugrah Firdaus (CAF). 

Dalam kepengurusan IESPA Provinsi Jawa Barat yang baru ini, Dr. Tri  Suhartanto, SH, MH., M.Si dipercaya sebagai ketua umum menggantikan ketua umum sebelumnya, yaitu Martha Wigoeno (2019-2024) yang diangkat menjadi Wakil Sekretaris Jenderal IESPA Nasional.

Memiliki visi dan misi meningkatkan prestasi eSports Jawa Barat di kancah nasional maupun internasional, IESPA Jawa Barat terus bergerak untuk menemukan, mengasah, dan mengembangkan bakat-bakat muda yang ada di provinsi tersebut. 

"Ini merupakan awal bagi kita untuk melakukan perubahan dalam dunia eSport (elektronik sport,red) yang ada di Jabar. Maka, hingga 2026 nanti kepengurusan IESPA siap bergerak menciptakan prestasi," ungkap Tri Suhartanto saat conference pers usai pengukuhan kepengurusan IESPA

Dalam kesempatan tersebut, Tri Suhartono pun mengungakapkan jika potensi eSports yang dimiliki Indonesia luar biasa. Pasalnya saat ini tercatat ada 60 juta gamers di Indonesia, dimana 10 persen diantaranya atau sekitar 6 juta orang berada di Jabar. 

"Jumlah itu cukup luar biasa, terlebih dari sisi usai mulai dari balita, usia produktif, bahkan sampai usia diatas 70 tahun masih gemar untuk main games," papar Tri. 

Tak hanya sekedar sebagai penyuka permainan game, diakui Tri saat ini sudah banyak dari para gamers yang menjadi atlet.  Nah, potensi itulah yang akan diarahkan oleh pengurus IESPA yang baru agara games dapat menjadi sebuah wadah meningkatkan potensi yang memiliki reward luar biasa untuk para gamers itu sendiri. 

"Ini yang akan kita optimalkan nantinya, bahwa kedepannya games ini harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Terlebih dimasa-masa pandemi seperti sekarang ini. Karena itu saya yakin ini akan menjadi prestasi luar biasa," tegasnya. 

Tri pun menyampaikan, saat ini sudah ada tiga orang atlet IESPA yang masuk persiapan Sea Games di Hanoi, Vietnam. Disamping atlet-atlet lainnya yang juga disiapkan untuk berlaga di kejuaraan Forda, Fornas, Asian Games. 

"Pastinya saya siap mendukung semua atlet yang  terpilih mewakili Indonesia untuk maju bersama ke event tersebut," ujarnya. 

Tri pun bersyukur saat ini sudah ada tiga sekolah di Jawa Barat yang telah memasukan eSports dalam ekstra kurikuler siswanya. "Kedepan tentu target kami banyak sekolah yang menjadikan eSports bagian dari ekstra kurikuler," imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat, Asep Sukmana mengatakan pihaknya mendukung penuh terhadap perkembangan dunia digital, salah satunya dengan hadirnya eSports. 

"Kami pastinya akan mendorong bagaimana eSports ini menjadi sesuatu prestasi dan potensi luar biasa. Karena itu kami akan selalu berkoordinasi dengan IESPA dalam mewadahi para gamers di Jawa Barat," tutur Asep. 

Di tempat yang sama, Harian PBESI Jawa Barat, Budiana berharap agar potensi dan prestasi yang dimiliki para atlet eSports dapat membawa nama Jawa Barat ke kancah Internasional.

"Tentunya harus ada dukungan dari berbagai pihak, karena itu kami siap memberikan support agar para gamers dapat terus berprestasi," katanya. (rls/red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: