Ini Dia Minuman Murah Yang Dapat Mengurangi Risiko Penyakit jantung Dan Stroke Hingga 56 Persen

Ini Dia Minuman Murah Yang Dapat Mengurangi Risiko Penyakit jantung Dan Stroke Hingga 56 Persen

Radartasik.com, Minuman murah dan enak yang kita konsumsi setiap hari dapat memangkas risiko penyakit jantung dan stroke yang fatal hingga 56 persen.

Penelitian baru menemukan bahwa secangkir teh dapat membantu membuat Anda lebih sehat.

Jenis teh terbaik untuk diminum adalah teh hijau, menurut para ahli di Akademi Ilmu Kedokteran China.

Tetapi Anda tidak harus melepaskan secangkir teh hitam biasa setiap hari karena secangkir teh panas biasa akan membantu.

"Kebiasaan konsumsi teh dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah dan semua penyebab kematian," kata penulis pertama Dr Xinyan Wang, Chinese Academy of Medical Sciences, Beijing, China.

Ia menambahkan, "Efek kesehatan yang menguntungkan adalah yang paling kuat untuk teh hijau dan untuk peminum teh jangka panjang."

Dr Dongfeng Gu, Chinese Academy of Medical Sciences, melanjutkan: "Studi mekanisme menunjukkan bahwa senyawa bioaktif utama dalam teh, yaitu polifenol, tidak disimpan dalam tubuh dalam jangka panjang. Jadi, asupan teh yang sering dalam waktu lama mungkin diperlukan untuk efek kardioprotektif."

Penelitian ini diikuti 100.902 orang tanpa riwayat serangan jantung , stroke atau kanker.

Mereka dibagi menjadi dua kelompok, orang yang minum teh tiga kali atau lebih dalam seminggu dan mereka yang minum kurang dari itu. Kelompok-kelompok itu dipelajari selama sekitar 7,3 tahun.

Studi ini diterbitkan hari ini di European Journal of Preventive Cardiology, sebuah jurnal dari European Society of Cardiology

Hasilnya ditemukan peminum teh berusia 50 tahun akan mengembangkan penyakit jantung koroner dan stroke 1,41 tahun kemudian dan hidup 1,26 tahun lebih lama daripada mereka yang tidak pernah atau jarang minum teh.

Dibandingkan dengan peminum teh yang tidak pernah atau tidak terbiasa, konsumen teh yang memiliki kebiasaan memiliki risiko 20 persen lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke, 22 persen lebih rendah risiko penyakit jantung dan stroke yang fatal, dan 15 persen penurunan risiko semua penyebab kematian.

Kebiasaan peminum teh panas memiliki risiko 39 persen lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke, 56 persen lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke yang fatal dan 29 persen mengalami penurunan risiko semua penyebab kematian dibandingkan dengan yang tidak pernah atau tidak pernah minum teh secara konsisten.

Minum teh hijau dikaitkan dengan risiko sekitar 25 persen lebih rendah untuk insiden penyakit jantung dan stroke, penyakit jantung fatal dan stroke, dan semua penyebab kematian.

Teh hijau adalah sumber polifenol yang kaya yang melindungi terhadap penyakit kardiovaskular dan faktor risikonya, termasuk tekanan darah tinggi dan dislipidemia.

Teh hitam sepenuhnya difermentasi dan selama proses ini polifenol dioksidasi menjadi pigmen dan mungkin kehilangan efek antioksidannya.

Dikutip dari The Sun, teh hitam sering disajikan dengan susu, yang menurut penelitian sebelumnya berlawanan dengan efek kesehatan yang menguntungkan dari teh pada fungsi pembuluh darah. (sal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: