Ini Tanda Apakah Anda Mengalami Depresi Atau Tidak

Ini Tanda Apakah Anda Mengalami Depresi Atau Tidak

Radartasik.com, Depresi adalah salah satu masalah kesehatan mental paling umum yang dihadapi orang-orang dan mungkin sulit dikenali pada beberapa orang.

Jika Anda khawatir bahwa Anda mungkin mengalami depresi, maka penting  untuk mencari bantuan untuk menghentikannya meningkat.

Di Inggris sekitar satu dari empat orang menderita beberapa bentuk masalah kesehatan mental.

Ada beberapa pertanyaan yang bisa mengungkapkan apakah Anda atau orang yang Anda cintai mengalami tanda-tanda depresi atau tidak.

Para ahli di Patient Access telah menyusun kuesioner yang dapat membantu menentukan apakah Anda perlu mencari bantuan.

Jawaban dari pertanyaan tersebut seperti pilihan ganda, ada jawaban ya, kadang-kadang atau tidak.

Dikutip dari The Sun, berikut ini pertanyaan kuesioner tersebut.

1. Perasaan sedih
Pertanyaannya adalah pilihan ganda dan pertama-tama Anda akan ditanya apakah Anda menderita perasaan sedih, putus asa, atau hampa.

Anda akan diminta untuk menilai apakah Anda tidak pernah merasa seperti ini, (seminggu sekali atau lebih) atau jika terjadi setiap hari.

Penting untuk dicatat, kata para ahli, bahwa perasaan sedih dan putus asa adalah tanda-tanda utama depresi dan jika Anda tidak menderita perasaan seperti itu, kecil kemungkinan Anda mengalami depresi.

Namun, mereka mencatat bahwa tidak semua depresi bermanifestasi dengan cara yang sama.

2. Kehilangan kesenangan
Pertanyaan kedua menanyakan apakah Anda merasa sulit untuk menemukan kesenangan dalam kegiatan yang dulu disukai, Anda perlu menjawab ya, tidak, atau kadang-kadang.

Para ahli mengatakan: "Gejala umum depresi adalah perasaan bahwa Anda tidak dapat terlibat dengan kehidupan atau menikmati aktivitas yang biasa Anda lakukan.

"Jika Anda berhenti melakukan aktivitas yang biasa Anda nikmati, ini bisa menjadi gejala dari kondisi ini", kata mereka.

3. Perubahan nafsu makan
Selanjutnya Anda akan ditanya apakah nafsu makan Anda telah berubah dan Anda dapat menjawab dari 'ya saya tidak ingin makan sebanyak dulu', tidak atau kadang-kadang.

Kehilangan minat pada makanan bisa menjadi tanda depresi dan melewatkan makan bisa berbahaya.

Para ahli mengatakan: "Jika Anda menemukan bahwa Anda melewatkan makan, atau tidak memperhatikan tanda-tanda lapar Anda yang biasa, pastikan Anda menyebutkan gejala ini ke dokter umum Anda.

"Nutrisi yang baik sangat penting untuk pemulihan, jadi pastikan Anda menyiapkan makanan yang sehat dan bergizi dengan banyak buah dan sayuran dan cobalah makan secara teratur."

Jika Anda tidak mengalami depresi maka ini bisa disebabkan oleh kondisi medis lain, jadi penting bagi Anda untuk berbicara dengan dokter umum Anda.

4. Kekurangan energi
Anda juga akan ditanya apakah Anda kurang energi dan motivasi, menjawab ya, tidak, atau kadang-kadang.

Para ahli mengatakan bahwa ini bisa menjadi tanda depresi jika dibarengi dengan gejala lain.

Mereka menambahkan: "Energi yang rendah juga dapat dikaitkan dengan kondisi medis lain seperti tiroid yang kurang aktif, diabetes atau sleep apnea."

5. Gairah seks rendah
Anda juga akan ditanya apakah dorongan seks Anda telah berkurang dan ini karena dorongan seks yang lebih rendah dikaitkan dengan depresi.

Para ahli menjelaskan: "Banyak orang dengan depresi melaporkan kehilangan minat pada seks, jadi jika Anda menderita dorongan seks yang lebih rendah di samping gejala lain, ini mungkin berhubungan dengan depresi."

Tetapi penting untuk dicatat bahwa hal itu bisa juga terkait dengan sejumlah besar obat-obatan yang dikonsumsi.

6. Pola tidur
Anda juga akan ditanya tentang pola tidur Anda dan apakah Anda mengalami kesulitan tidur atau tidak.

"Apakah Anda mengalami kesulitan untuk tidur di tempat pertama, sering terbangun, atau bangun lebih awal, ini semua bisa berhubungan dengan masalah kesehatan mental ini", kata mereka.

7. Pikiran yang mengganggu
Selanjutnya Anda akan ditanya apakah Anda pernah memiliki pikiran melukai diri sendiri, atau pikiran tentang mengakhiri hidup Anda sendiri.

Jika Anda menderita pikiran untuk bunuh diri, atau berpikir Anda berada dalam bahaya melukai diri sendiri, penting bagi Anda untuk segera mencari bantuan.

Setelah menjawab pertanyaan terakhir ini, Anda akan diberikan dukungan yang dapat membantu.

Jika Anda mengalami depresi, gejala Anda mungkin menyarankan Anda perlu mencari bantuan segera.

Terkadang butuh beberapa saat untuk mendapatkan rujukan ke layanan kesehatan mental dan sementara itu Anda dapat menghubungi situs kesehatan online untuk mencari bantuan. (sal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: