Dokter Zaidul Akbar Ungkap Manfaat Minum Susu Kerbau Fermentasi

Dokter Zaidul Akbar Ungkap Manfaat Minum Susu Kerbau Fermentasi

radartasik.com, DADIH alias susu kerbau fermentasi merupakan salah satu minuman kurang populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Padahal manfaat susu kerbau fermentasi sudah terbukti melalui penelitian. Salah satunya dilakukan para peneliti di Jepang.

Dalam instagramnya yang dikutip fin.co.id, pakar gaya hidup sehat ala Islam dr Zaidul Akbar, menjelaskan meminum susu kerbau fermentasi punya benefit luar biasa.

Menurut dia, dalam penelitian yang dilakukan di Jepang, dan banyak yang belum tahu ini, ternyata dadih atau dadiah atau susu kerbau yang difermentasi, memiliki efek menghentikan pertumbuhan sel-sel karsinogenik.

Penggagas Jurus Sehat Rasulullah (JSR) itu menambahkan mengonsumsi susu kerbau fermentasi juga punya benefit lain, dalam hal ini meningkatkan imunitas tubuh.

”Di samping itu 'bakteri baik' yang ada dalam produk ini, juga memiliki kemampuan mengurangi bakteri patogen yang ada, sehingga amat sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, keren kan?,” ungkapnya.

Dokter umum itu juga menambahkan mengonsumsi susu kerbau fermentasi baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Jika ingin mendapatkan cita rasa yang lebih, dr Zaidul Akbar menyarankan agar menggunakan pemanis alami.

”Dan sebenarnya ini kalau diolah atau custom taste, misalnya dengan gula aren cair, madu atau dijadikan campuran minuman gitu, akan lebih friendly dikonsumsi,” saran dia.

Tidak lupa, dia mengajak masyarakat untuk bangga mengonsumsi produk fermentasi menyehatkan buatan lokal ini.

”Bangga dengan produk fermentasi sendiri, seperti orang Korea (Selatan) yang sangat pede dengan kimchi-nya,” tegas dia.

”(Minum susu kerbau fermentasi) bisa jadi solusi hidup sehat dengan bahan kita sendiri. seru khan! Jangan tunggu diklaim orang luar dan akhirnya produk ini terlupakan,” ucap dia.

Bahaya Zat Karsinogenik

Karsinogenik adalah salah satu zat yang bertanggung jawab atas terbentuknya sel kanker pada tubuh manusia.

Zat yang sering tidak disadari atau mungkin sudah sadari namun terabaikan, masuk ke dalam tubuh melalui konsumsi makanan seperti sate, barbecue atau jenis konsumsi makanan lain yang melibatkan proses pemanggangan.

Meski bahayanya nyata, bukan berarti Anda harus menghindari jenis makanan ini. Hanya saja akan lebih aman jika Anda sendirilah yang bertanggung jawab dalam proses memasaknya.

Dengan membersihkan lelehan lemak pada perangkat memasak Anda, hal ini dapat mengurangi pembentukan PAH setidaknya sebesar 89 persen.

Perlu diketahui juga, memasak daging dalam temperatur tinggi juga akan akan membentuk heterocyclic amines (HA) atau yang terlihat sebagai bagian daging yang berwarna kehitaman (gosong), juga dikaitkan dengan risiko kanker. (FIN)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: