Cari Bibit Atlet Lewat Kompetisi Olahraga

Cari Bibit Atlet Lewat Kompetisi Olahraga

radartasik.com, RADAR TASIK - Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Karangnunggal menyelenggarakan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) tingkat SD se-Kecamatan Karangnunggal yang diselenggarakan mulai tanggal 22-24 Februari 2022.

“Even yang diselenggarakan setiap tahunnya ini diikuti oleh setiap sekolah dasar. KOSN ini sebagai ajang silaturahmi para siswa dan juga para guru yang ada di kecamatan Karangnunggal,” ujar Ketua K3S Kecamatan Karangnunggal Ahyar SPd saat ditemui di lokasi kegiatan, Kamis (24/2/2022).

Ahyar mengatakan, kegiatan ini pun merupakan evaluasi para guru olahraga dalam pelaksanaan salah satu pelajaran yang ada di sekolah. Dulu di kabupaten diselenggarakan setiap tahunnya, sedangkan tahun sekarang belum tahu ada atau tidaknya.

Namun, ujar dia, pihaknya di Kecamatan Karangnunggal khususnya tetap mempersiapkan dari dini untuk atlet-atlet yang nantinya bisa mewakili ke even kabupaten bahkan sampai ke tingkat nasional. “Adapun cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan, di antaranya sepak bola, bola voli putra-putri, sepak takraw, tenis meja putra-putri, bulu tangkis putra-putri, berenang putra-putri, atletik, catur putra-putri, pencak silat dan karate,” kata dia, menambahkan.

Kata dia, tempat pelaksanaannya di lapang sepak bola dan SDN Ciawi 1 Kecamatan Karangnunggal. Khusus untuk cabang olahraga renang dan bulu tangkis, diselenggarakan di pusat ibu kota kecamatan. “Sedangkan untuk cabang olahraga senam lantai tidak diselenggarakan, karena alat-alatnya masih kurang,” ucapnya.

Terang Ahyar, sebelum ada Covid-19 terdapat siswa yang tampil hingga di tingkat provinsi. Terutama cabang olahraga bola voli putra dan putri. Ke depan, diharapkan para siswa siswi yang mengikuti KOSN ini dapat kembali mewakili Kecamatan Karangnunggal di tingkat provinsi hingga nasional. “Kami ini sebetulnya hanya melakukan persiapan agar para siswa siswi ini bisa siap ketika nantinya ada even di tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional,” ujar dia, menjelaskan.

Sejauh ini, ujar Ahyar, olahraga yang paling menonjol itu dari bola voli putra-putri juga sepak bola. Pada tahun-tahun sebelum terjadi Covid-19, Karangnunggal itu menjadi juara 1 di Kabupaten Tasikmalaya. “Saya berharap para guru olahraga giat dalam mendidik anak-anak terutama salah satunya di bidang olahraga yang merupakan hiburan bagi masyarakat. Sebab, ketika berolahraga itu merasa senang. Sehingga, bidang olahraga dapat tetap eksis,” katanya menjelaskan.

Kepala SDN 1 Cibatu Setiawan SPd menambahkan, sangat bersyukur kegiatan KOSN ini dapat meningkatkan motivasi bagi para siswa-siswi, meskipun levelnya baru hanya tingkat kecamatan saja. “Selanjutnya diharapkan bisa dijadikan sebagai evaluasi siswa dari latihan yang sehari-harinya diikuti melalui ekstra,” ucapnya.

Setiawan mencontohkan, di SDN 1 Cibatu meskipun tidak memiliki gedung olahraga bulu tangkis, namun bisa jadi juara pertama untuk putra dan juara kedua dan ketiga untuk putri. “Padahal sehari-harinya, siswa kami ini selalu mengikuti latihan di lapangan terbuka. Ke depannya, mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa lebih bagus lagi, bahkan bisa bersaing di tingkat yang lebih tinggi,” ujarnya menambahkan. (obi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: