Rute Garut-Pasar Senen Diujicoba, Bupati Garut Kenang Masa Kecil Naik Kereta Api

Rute Garut-Pasar Senen Diujicoba, Bupati Garut Kenang Masa Kecil Naik Kereta Api

radartasik.com, GARUT — Bupati Garut H Rudy Gunawan bersama pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut dan Forkopimda melakukan percobaan perjalanan menggunakan kereta api dari Stasiun Garut ke Pasar Senen, Jakarta, Minggu pagi (20/2/2022).


Bupati Garut H Rudy Gunawan mengaku terharu dengan uji coba operasional kereta api. Karena ini menjadi puncak perjuangannya yang panjang, di mana sejak tahun 2015, pihaknya menginginkan reaktivasi jalur kereta api ke Garut.

Selain itu, perjalanan kereta dari Stasiun Garut ke Jakarta bagi Rudy adalah napak tilas dirinya dalam memanfaatkan transportasi publik yang paling familiar di zamannya. 

“Saya adalah orang Wanaraja. Ketika mau ke Garut tahun 70-an, saya biasa menggunakan kereta api. Dulu kereta api adalah jasa transportasi utama dari Cibatu ke Garut. Apapun bisa masuk ke dalam gerbong itu, berdesak-desakkan, panas, tapi sangat membahagiakan, karena pemandangannya yang indah. 

Hari ini kita naik lagi kereta api dengan jalur yang sama tapi sudah berbeda. Sudah ber-AC, meskipun statusnya (kelas) ekonomi,” ucap Rudy mengisahkan pengalamannya dalam keterangan tertulisnya, Minggu (20/2/2022).

Rudy terus mendorong supaya jalur kereta api segera beroperasi. “Kami ingin secepatnya beroperasi, kita sudah kirim surat kepada menteri perhubungan,” ujarnya.

Terkait nama kereta yang beroperasi, pihaknya sudah mengajukan nama Cikuray Ekspres. Ajuan nama itu juga sudah dikirim ke Kementerian Perhubungan. “Kami sudah mengajukan surat resmi kepada dirut PT KAI terkait nama kereta api itu,” terangnya.

Sementara itu untuk jalur kereta api komersial yang akan beroperasi, Rudy menerangkan akan ada tiga pemberangkatan setiap harinya dari Stasiun Garut. Di antaranya rute Stasiun Garut-Pasar Senen, Garut-Padalarang dan Garut-Purwakarta. Bahkan dalam seminggu dua kali dilayani rute kereta api eksekutif Stasiun Garut-Stasiun Gambir, Jakarta.

“Tarif Stasiun Garut ke Pasar Senen sekitar Rp 41 ribu dan harap dicatat pula, ini kereta api yang ke Garut itu ada tiga. Tiga pemberangkatan dalam satu hari,” terangnya.

Rudy menyampaikan mulai 23 Februari 2022 akan ada perjalanan KA Garut-Cibatu yang bisa dinaiki masyarakat secara gratis. Bahkan rencananya sebelum Hari Raya Idul Fitri, KA Garut-Pasar Senen sudah beroperasi.

“Jadi kalau ada bapak-ibu punya anak di Jakarta, lebaran nggak usah macet. Ini kapasitasnya (kurang lebih) 500 orang, ada dua kali (perjalan) nanti ya,” terangnya.

Bupati mengajak masyarakat menggunakan jasa transportasi kereta api sebagai transportasi pilihan yang aman, tepat waktu dan nyaman. Ia berharap kereta api nantinya bisa menjadi pilihan moda transportasi bagi masyarakat yang akan berpergian ke luar kota. Karena selain murah dan tepat waktu, juga sisi kenyamanan para penumpangnya.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Direktorat Jendral (Ditjen) Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub Mohamad Risal Wasal mendukung upaya Pemkab Garut yang telah menyiapkan beberapa program untuk menunjang dan menyambut kembali beroperasinya jalur kereta di Garut.

 “Pak Bupati pun sudah siap juga nantinya dengan program-program bagaimana supaya nantinya antara keberlanjutan masyarakat yang berkunjung, turis-turis begitu sesampainya di Garut sudah ada lanjutan ditujunya ke tempat wisata yang sudah disiapkan di Garut yang luar biasa, kita tahu banget (destinasi wisata Garut) luar biasa sekali,” terangnya. (yna)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: