Air Sungai Meluap, Tiga Tembok Rumah Jebol di Dusun Sukamaju Banjarsari Kabupaten Ciamis

Air Sungai Meluap, Tiga Tembok Rumah Jebol di Dusun Sukamaju Banjarsari Kabupaten Ciamis

radartasik.comCIAMIS - Tiga tembok rumah warga Dusun Sukamaju RT/RW 05/01 Desa Banjarsari ambruk tergerus air Sungai Cikawasen, Kamis (3/2/2022) malam. Material ambrukan baru dibersihkan secara gotong royong oleh warga pada Jumat (4/2/2022) pagi.


Anggota Forum Komunikasi (FK) Tagana Kabupaten Ciamis Ahman Triana mengatakan, dari laporan masyarakat ada tiga rumah yang kena musibah tembok belakang rumah yang dekat Sungai Cikawasen jebol.

Namun dua rumah kosong dan data pemiliknya tidak diketahui karena orang luar. Sementara satu rumah datanya atas nama Agus Rianto (33).

“Kami pantau ke lokasi malam-malam, ternyata ada tiga rumah yang tembok jebol akibat kondisinya sudah lapuk, ditambah tergerus air sungai yang semakin meluap, sehingga ambruk,” ujar dia, menjelaskan.

Kata dia, untuk sementara korban diungsikan ke rumah saudaranya, karena dikhawatirkan rumah tersebut ambruk. “Upaya kami bersama warga pada Jumat membersihkan puing-puing skitar sungai agar tidak terjadi luapan air karena terkena material longsoran,” kata dia.

Terpisah, pemilik rumah yang tergerus luapan air sungai, Agus Rianto mengatakan, pada saat kejadian sedang tidak ada di rumah. “Saat saya cek ternyata benar jebol, memang kondisi tembok sudah lapuk ditambah arus sungai deras. Dari kejadian ini saya alami kerugian sekitar Rp 30 juta,” tuntasnya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: