Rusia Akan Membayar Utang Luar Negeri Dengan Rubel

Rusia Akan Membayar Utang Luar Negeri Dengan Rubel

Radartasik, Anton Siluanov Menteri Keuangan Rusia menjelaskan skema yang akan digunakan untuk membayar utang negaranya, sama dengan skema pembayaran untuk gas alam dari Negara lain.

Menurutnya, untuk mendapatkan apa yang menjadi hak mereka, debitur perlu membuka dua rekening di bank Rusia yang ditunjuk, menurut laporan Vedomosti sebuah harian bisnis Rusia.

Rusia telah lama menggunakan sistem keuangan yang dikendalikan Barat untuk pembayaran terkait dengan utangnya, tetapi aksesnya telah dibatasi di bawah sanksi yang dikenakan sebagai pembalasan atas serangan di Ukraina.

Washington sebelumnya mengizinkan pembayaran kepada pemegang Eurobond Rusia menggunakan cadangan devisa beku dan kemudian hasil dari perdagangan luar negeri, tetapi minggu lalu Departemen Keuangan AS mengumumkan bahwa izin tidak akan diperpanjang.

Berbicara kepada Vedomosti, Siluanov mengatakan Rusia bermaksud untuk menggunakan skema yang mirip dengan yang diperkenalkan untuk pembeli gas alamnya, yang berbasis di "negara-negara yang tidak bersahabat," untuk menghindari larangan AS.

Sebelumnya Kementerian Keuangan Rusia mengatakan utang luar negeri itu akan dibayar dalam rubel.

BACA JUGA:Ditangkap Rusia, Batalyon Azov Menghapus Simbol Nazi

Skema pembayaran gas yang diluncurkan Rusia untuk memastikan bahwa pembayaran dalam mata uang asing tidak disita oleh negara-negara Barat dan mengharuskan pelanggan dari negara-negara "tidak ramah" membuka dua rekening di bank Rusia. Pembayaran itu dilakukan dalam bentuk mata uang euro kemudian dikonversi ke rubel, mata uang Rusia.

“Mekanisme pembayaran obligasi euro akan bekerja dengan cara yang sama, tetapi sebaliknya,” kata Siluanov dikutip dari Russian Today.

Ia menambahkan kementerian akan segera menyelesaikan pengaturan dan akan siap untuk menyerahkannya kepada pemegang utang. Menteri sebelumnya mengatakan Rusia akan memiliki mekanisme dan siap untuk membayar kupon eurobond pada akhir Juli.

Pembatasan Amerika dimaksudkan untuk mencegah Rusia memenuhi utang negaranya, berpotensi mengakibatkan default teknis terhadap Negara tersebut.

Tetapi para pejabat AS mengakui bahwa itu akan lebih merupakan pukulan simbolis terhadap Rusia yang menunjukkan status negara mereka di panggung dunia.

“Jika Rusia default, saya tidak berpikir itu benar-benar mewakili perubahan signifikan dalam situasi Rusia. Mereka sudah terputus dari pasar modal global,” kata Janet Yellen Menteri Keuangan AS.

Dia menerangkan pengecualian yang sekarang sudah kadaluwarsa “untuk memungkinkan periode waktu agar transisi yang teratur terjadi dan bagi investor untuk menjual sekuritas.”

Moskow juga meremehkan ancaman itu, mengatakan bahwa pembayaran yang terlewatkan atas utang negara yang diatur oleh AS akan menjadi kasus sulap keuangan yang tidak mencerminkan keadaan keuangan Rusia yang sebenarnya.

Situasi ini sangat berbeda dengan default menyakitkan pada utang dalam negeri pada tahun 1998, itu tidak akan mempengaruhi situasi domestik di dalam negeri menurut penjelasan kementerian keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today