Resmikan Alun-alun Garut, Kang Emil Minta Perbanyak Kegiatan Kreatif

Resmikan Alun-alun Garut, Kang Emil Minta Perbanyak Kegiatan Kreatif

radartasik.com, GARUT KOTAGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan ruang terbuka publik atau Alun-Alun Garut Minggu (23/1/2022) pagi. Alun-alun yang memiliki ruang publik instagramable itu sudah bisa dimanfaatkan masyarakat.


Kang Emil --sapaan akrab Ridwan Kamil-- meminta masyarakat menjaga dan memanfaatkan ruang terbuka publik tersebut sebagai tempat yang bisa bermanfaat dan menyalurkan kreativitas.

“Mudah-mudahan ini dimanfaatkan dengan baik, apalagi lokasinya sangat bersejarah, ada pendopo, masjid agung, sehingga kegiatannya tentu yang kreatif dan maslahat,” ujar dia usai meresmikan Alun-Alun Garut, Minggu (23/1/2022).

Dia berharap alun-alun bisa menjadi ikon baru. Apalagi di alun-alun ada museum napak tilas bupati Garut.

“Di sini dibangun panggung, ada tempat duduk, di bawahnya nanti ada museum terkait bupati Garut dari masa ke masa,” terangnya.

Alun-Alun Garut ini memiliki 10 fasilitas penunjang, di antaranya tribun dan selasar, toilet dan perpustakaan, plaza hall alun-alun, gerbang, amphitheater, tempat bermain bermain, tugu di empat sudut, trotoar, area tempat duduk dan area babancong.

“Berita hari ini mudah-mudahan warga bahagia menerima kasih sayang dari para pemimpinnya,” ucap Kang Emil.

Selain Alun-Alun Garut, dalam beberapa bulan mendatang kota yang dijuluki Swiss van Java tersebut akan mempunyai tempat wisata kelas dunia yaitu Situ Bagendit. Selain itu, ada jalur Kereta Api Bandung-Garut.

Sementara itu, dia berharap keberadaan alun-alun menjadi penyemangat dalam memulihkan ekonomi melalui pariwisata di tahun 2022.

Bupati Garut H Rudy Gunawan menyebut peresmian alun-alun merupakan peristiwa bersejarah melengkapi bentuk kasih sayang Pemerintah Provinsi Jabar kepada warga Garut.

“Ini adalah satu monumen yang akan dikenang dan berhadapan dengan pendopo juga masjid agung. Ini bentuk kanyaah untuk masyarakat Garut,” ucapnya.

Rudy mengungkap tahun 2022 akan banyak hadiah yang bisa dinikmati warganya.

“Banyak hadiah untuk akses ke Situ Bagendit dan banyak lagi jalan-jalan sekarang alhamdulillah semuanya dalam konteks lebih besar,” paparnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: