Vaksin Tahap 1 di Banjar Capai 91 Persen

Vaksin Tahap 1 di Banjar Capai 91 Persen

radartasik.com, BANJAR — Capaian vaksin Covid-19 dosis 1 hingga Minggu (23/1/2022) sudah mencapai 91,01 persen atau sekitar 145.353 orang dari target 160.353 sasaran. Kemudian dosis 2 mencapai 67,9 persen atau 108.802 sasaran dan dosis ketiga sebanyak 2,1 persen atau 3.347 sasaran.


“Tingginya presentase vaksin ini sangat berpengaruh terhadap pencegahan dan penanggulangan Covid-19,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Banjar, Agus Nugraha, kemarin.

Selain vaksin untuk orang dewasa, vaksin Covid-19 juga sudah menyasar anak usia 6 tahun.

“Karena vaksin siswa usia dini juga sekarang menjadi persyaratan agar bisa melaksanakan 100 persen pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah,” katanya.

Sementara itu data vaksinasi yang dirilis Satgas Covid-19 Kota Banjar, desa atau kelurahan tertinggi capain vaksin tahap pertama yakni Raharja sebanyak 88,4 persen dan tahap kedua 82,5 persen.

Sementara terendah yakni Desa Balokang dengan capaian sasaran vaksin dosis pertama 69,8 persen dan dosis kedua 53,4 persen.

Sementara itu, pemkot juga gencar melakukan vaksinasi booster. Salah satu sasarannya ASN di Pemkot Banjar.

“Saat ini kita menyasar dulu ASN, dan selanjutnya ke layanan publik. Pelaksanaan vaksinasi booster ini untuk seluruh ASN, kecuali yang saat ini berhalangan, seperti yang sedang hamil maka kita tangguhkan dulu,” kata Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar dr Andi Bastian mengatakan, vaksinasi booster menggunakan beberapa jenis vaksin. Selain melihat ketersediaan vaksin juga melihat dosis satu dan dua yang digunakan.

“Seperti untuk dosis pertama dan kedua menggunakan vaksin jenis Sinovac, untuk vaksinasi boosternya bisa menggunakan AstraZeneca atau Pfizer. Atau jika dosis satu dan duanya menggunakan vaksin AstraZeneca, untuk vaksin ketiganya menggunakan Moderna,” kata Andi. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: