PDI Perjuangan Serempak Tanam Pohon

PDI Perjuangan Serempak Tanam Pohon

radartasik.com, CISAYONG — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Tasikmalaya melakukan penanaman ribuan pohon di Jalan Baru Cising (Ciawi-Singaparna) sepanjang lebih kurang 1,5 kilometer, tepatnya di Kampung Cigorowok Desa Sukasetia Kecamatan Cisayong, Minggu (23/1/2022).


Kegiatan yang mengusung tema gerakan menanam pohon merawat bumi pertiwi itu dilaksanakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) PDI Perjuangan ke-49. Pada kesempatan itu juga membagikan 500 paket sembako kepada warga setempat.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya Aef Syaripudin mengatakan penanam pohon dilaksanakan serentak di seluruh kota dan kabupaten di Indonesia.

“Alhamdulillah hari ini kami bersama pengurus PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya dan kecamatan serta dibantu Pemerintah Desa Sukasetia juga warga setempat, dapat melaksanakan penanaman 1.000 pohon berbagai jenis. Terutama pohon keras yang mampu menyerap air seperti kayu damar, akasia, maupun pohon penghasil buah-buahan seperti cengkeh,” katanya kepada wartawan di lokasi kegiatan.

Kegiatan tersebut, selain dalam rangka memperingati HUT PDI Perjuangan ke-49, kegiatan penanaman pohon ini juga sebagai bagian dari agenda partai untuk menjaga serta memelihara alam dan lingkungan, demi keberlangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya.

“Pohon berperan besar dalam menjaga keseimbangan ekosistem di bumi dengan manfaat utama sebagai penghasil oksigen, penyimpan karbon, penghasil kayu sebagai bahan bangunan dan segudang manfaat lainnya untuk kehidupan manusia termasuk juga untuk binatang,” jelas Aef.

Di samping itu, berkaitan dengan air tanah, akar pohon sudah jelas berfungsi menahan laju air hujan yang jatuh ke permukaan tanah, yang kemudian disimpan dan menjadi cadangan air untuk menghadapi musim kemarau. 

“Akar pohon juga mampu mengikat butir-butir tanah sehingga dapat mencegah terjadinya erosi dan tanah longsor,” ujar dia.

Aef Syaripudin mewakili Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya Ade Sugianto yang juga Bupati Tasikmalaya, mengajak seluruh kader PDI Perjuangan termasuk seluruh elemen masyarakat Kabupaten Tasikmalaya untuk bersama-sama dan bahu membahu menjaga serta memelihara kelestarian alam, salah satunya dengan menanam pohon dan memeliharanya agar tidak rusak.

“Hari ini kita menanam, kelak anak cucu kita yang akan menikmati sejuta manfaat dari apa yang kita tanam hari ini,” katanya.

Aef Syaripudin menambahkan bersamaan dengan kegiatan penanaman pohon, pada tanggal yang sama pula, yaitu 23 Januari ini merupakan ulang tahun Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri ke-75.

“Kami di sini turut mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-75 sekaligus mendoakannya, semoga Allah SWT senantiasa memberi kesehatan serta menjadikan beliau ini tetap sebagai pigur pemersatu seluruh kader partai dan juga bangsa Indonesia,” katanya.

Kepala Desa Sukasetia Tatang Saputra mengatakan dengan adanya bantuan seribu pohon dari PDI Perjuangan ini, warga diharapkan tidak hanya sekedar semangat saat menanam, tetapi yang paling penting adalah merawat atau memeliharanya agar kemudian pohon-pohon itu tidak rusak atau sengaja dirusak. 

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Karena selain dibantu penyediaan bibit pohon keras, juga mengedukasi warga kami tentang pentingnya merawat alam dan menjaga lingkungan,” tuturnya. (ujg)




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: