Revitalisasi Alun-Alun Otto Iskandardinata Garut Habiskan Rp 12,7 Miliar

Revitalisasi Alun-Alun Otto Iskandardinata Garut Habiskan Rp 12,7 Miliar

radartasik.com, GARUT KOTAAlun-Alun Otto Iskandardinata Kabupaten Garut di Kecamatan Garut Kota kini memiliki wajah baru. Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebelumnya melakukan revitalisasi besar-besaran di salah satu ikon Kabupaten Garut itu.


Sekretaris Dinas Perkim Kabupaten Garut Ajid Sayidin mengatakan revitalisasi Alun-Alun Garut menghabiskan anggaran sekitar Rp 12,7 miliar. Sumber anggarannya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat.

“Alun-Alun Kabupaten Garut dibangun atau diperbaiki menjadi lebih bagus,” ujar Ajid, di sela-sela persiapan peresmian Alun-Alun Garut, Kamis (20/1/2022).

Pembangunan alun-alun memakan waktu 150 hari kerja. “Ini melalui lelang yang mendapatkan lelang proyek ini adalah putra Garut ya. Dilaksanakan sekitar empat bulan yang lalu dan Alhamdulillah telah selesai sekarang,” ucapnya.

Alun-Alun Garut, kata dia, memiliki 10 fasilitas penunjang. Di antaranya tribun dan selasar, toilet dan perpustakaan, plaza hall alun-alun, gerbang, amphitheater, playground atau tempat bermain, tugu di empat sudut, trotoar, area tempat duduk, dan area babancong.

“Sarana ini untuk publik dan diharapkan ini mohon untuk dipelihara bersama-sama oleh warga Garut, dan ini diharapkan untuk sampahnya (dibuang ke tempatnya). Sarana prasarana yang sudah ada itu dipelihara sama-sama, untuk memiliki (dan) memelihara supaya tetap lestari, tetap bagus,” harapnya.

Terpisah, Bupati Garut H Rudy Gunawan merasa puas karena proses revitalisasi Alun-Alun Garut bisa tepat waktu.

“Ini adalah pusat di mana masyarakat menjadi alun-alun (sebagai) bagian dari satu simbol bagi suatu pemerintah daerah,” ujarnya.

Rudy berharap dengan direvitalisasinya Alun-Alun Garut mampu membangkitkan ekonomi Kabupaten Garut yang selama dua tahun terakhir terguncang akibat pandemi Covid-19. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: