Inggris Kirim Senjata Anti Lapis Baja ke Ukraina

Inggris Kirim Senjata Anti Lapis Baja ke Ukraina

Radartasik.com, Inggris telah mulai mengirim senjata ringan ke Ukraina, kata pejabat tinggi militer Inggris, meskipun ia mengklaim senjata itu tidak menimbulkan ancaman bagi Rusia.

“Kami telah mengambil keputusan untuk memasok Ukraina dengan sistem senjata pertahanan anti-lapis baja ringan,” kata Menteri Pertahanan Ben Wallace kepada anggota parlemen pada hari Senin (17/1/2022), menambahkan pengiriman awal telah tiba di negara itu beberapa jam sebelumnya.

Terlepas dari meningkatnya permusuhan, Wallace mengatakan dia mengundang rekannya dari Rusia, Menteri Pertahanan Sergey Shoigu, untuk bertemu di London dalam beberapa minggu mendatang.

Ia mengatakan, walaupun kesenjangan saat ini terlalu lebar dan sulit untuk dijembatani, Wallace tetap berharap bahwa diplomasi akan menang.

Pejabat Inggris itu tidak memberikan perincian tentang jumlah atau jenis senjata yang dikirim, hanya mengatakan itu bukan senjata strategis dan hanya akan digunakan oleh pasukan Ukraina untuk membela diri.

“ Sejumlah kecil” pasukan Inggris juga akan melatih tentara lokal tentang cara menggunakan perlengkapan baru.

"Ini adalah senjata jarak pendek ... tapi bagaimanapun itu akan membuat orang berhenti sejenak dan berpikir apa yang mereka lakukan jika tank meluncur ke Ukraina, menyerangnya, maka mereka akan menjadi bagian dari mekanisme pertahanan," lanjut Wallace.

Pemerintah Inggris dan AS terus memprediksi invasi Ukraina oleh Rusia, meskipun Rusia bersikeras tidak memiliki rencana untuk serangan bersenjata.

Meskipun demikian, selama akhir pekan, Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengklaim Moskow akan membuat dalih untuk menyerang, serta mengancam  tanggapan kuat  akan menargetkan Rusia secara ekonomi.

Menurut Russian Today, proposal untuk memutuskan Moskow dari jaringan perbankan internasional SWIFT juga dilaporkan masih di atas meja.

Peringatan Sullivan, serta sumpah London untuk mempersenjatai militer Ukraina, datang beberapa hari setelah beberapa pejabat AS saat ini dan mantan mengatakan kepada Yahoo News bahwa badan-badan intelijen sekarang melatih pasukan Ukraina jika terjadi invasi Rusia.

Bahkan satu mantan Staf CIA mengatakan program itu melatih pasukan tentang cara membunuh orang Rusia. (sal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: