Serbia Dapat Kontrak Baru Selama Tiga Tahun Untuk Gas Rusia

Serbia Dapat Kontrak Baru Selama Tiga Tahun Untuk Gas Rusia

Radartasik, Aleksandar Vucic Presiden Serbia mengatakan dia telah menyetujui kontrak gas baru selama tiga tahun dengan Moskow setelah pembicaraan telepon dengan Vladimir Putin.

Selain kontrak gas, kedua presiden juga membahas prospek perluasan fasilitas penyimpanan gas di Serbia, ungkap Vucic. Meskipun dia tidak memberikan rincian lebih lanjut, ia menambahkan hal ini harus ditindaklanjuti dengan Gazprom raksasa gas milik Rusia.

"Saya tidak dapat berbicara tentang harganya sekarang, semua detail akan disepakati dengan Gazprom," kata Vucic kepada wartawan.

Namun presiden Serbia memberikan perkiraannya tentang biaya gas. "Harga gas akan 100% sesuai dengan formula minyak, yang berarti 310-408 dolar per seribu meter kubik gas, itu harga untuk 2,2 miliar meter kubik gas, menjadi harga terbaik di Eropa," lanjutnya.

Moskow mengkonfirmasi bahwa pasokan gas dibahas selama pembicaraan antara Putin dan Vucic, tetapi tidak memberikan rincian konkret. Kontrak pasokan gas 10 tahun Beograd dengan Gazprom akan berakhir pada 31 Mei tahun ini.

“Kedua pemimpin melakukan diskusi mendalam tentang agenda bilateral termasuk langkah-langkah untuk memperluas perdagangan yang saling menguntungkan dan kerja sama ekonomi, sambil mencapai kesepakatan, khususnya, tentang penyediaan berkelanjutan pasokan gas alam Rusia ke Serbia,” menurut layanan pers Kremlin.

BACA JUGA:Presiden Serbia: Konfilk Ukarina Akan Membuat Seperempat Umat Manusia Kelaparan

Serbia telah menikmati hubungan politik dan ekonomi yang kuat dengan Rusia selama bertahun-tahun, namun hubungan antara kedua negara telah diuji di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Moskow dan Kiev yang pecah pada akhir Februari.

Meskipun menghadapi tekanan yang meningkat dari UE, Beograd telah menolak untuk bergabung dengan sanksi anti-Rusia dan mempertahankan hubungan dengan Moskow.

Sikap ini ditegaskan kembali oleh Vucic di Forum Ekonomi Dunia di Davos awal pekan ini, ketika presiden Serbia mengkonfirmasi Beograd pertama-tama dan terutama akan terus mengejar “kepentingannya sendiri.”

“Siapa yang tahu ancaman seperti apa yang mungkin kita hadapi, tetapi seperti yang Anda lihat, sudah 90 hari dan Serbia mempertahankan kebijakannya, satu-satunya negara di seluruh Eropa. Sebuah negara kecil dengan orang-orang dalam jumlah kecil tetapi sangat bangga mengikuti kebijakannya sendiri, bukan pro-Rusia, bukan pro-Barat, tetapi milik sendiri,” ungkap Vucic dikutip dari Russian Today.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today