Minyak Goreng Mahal, Pemkot Tasik Bakal Operasi Pasar, Catat Tanggalnya! Harganya Murah

Minyak Goreng Mahal, Pemkot Tasik Bakal Operasi Pasar, Catat Tanggalnya! Harganya Murah

radartasik.com - Tingginya harga jual minyak goreng di pasaran, membuat Dinas Peridunstrian, Perdagangan, Pasar (Diperindagsar) UMKM Kota Tasikmalaya akan melakukan operasi pasar.


"Kita sudah berkordinasi dengan Dinas Perdagangan Provinsi Jawa Barat. Kita berharap untuk menetralisir tingginya harga minyak di pasaran yaitu dengan Operasi Pasar (OP)," ujar Kadisperindagsar Kota Tasikmalaya, Firmansyah, Senin (17/01/22) sore.

"Tanggal 22 Januari (Sabtu, Red) kita lakukan OP soal minyak goreng. Berapa banyak yang dijual dan harganya berapa saat OP nanti kita belum tahu, tapi kita siapkan 7.000 dus. Besok kita ada rencana rapat dengan BI terkait OP ini," sambungnya.

Dia mengakui, setelah pihaknya meninjau ke lapangan, ternyata harga minyak goreng yang tinggi ini bukan dikarenakan dari pedagang dinaikkan harganya.

"Untuk suplai ke pasar mah lancar hanya harga yang pada naik. Kata pedagang naik karena harga distributor awalnya bukan dari pedagang. Harga pasaran sekarang sudah di atas 20.000 per liter. Saat normal harganya Rp14.000 per liter," terangnya.

Dengan adanya OP yang menjual harga minyak goreng dengan murah, pihaknya berharap para pedagang di pasaran dapat menyesuaikan harga jualnya. Karena masyarakat akan memilih harga yang lebih murah. 

"Kalau bahan baku atau stock-nya sebenarnya banyak, baik dari distributor maupun suplayer. Tapi kenapa jadi mahal ya kami belum mengetahui secara jelasnya," tambahnya 

Disinggung apakah ada indikasi penimbunan, jelas dia, pihaknya tidak bisa menduga karena memang harus ada pengkajian serta penelitian yang jelas juga kuat. 

(rezza rizaldi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: