Ini Kata Menag soal Penyelenggaraan Ibadah Haji 2022

Ini Kata Menag soal Penyelenggaraan Ibadah Haji 2022

Radartasik.com, JAKARTA — Waktu penyelenggaraan ibadah haji 2022 sampai saat ini belum menemukan titik terang, karena belum ada kepastian dari Pemerintah Arab Saudi.


Demikian dikatakan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dalam Rapat Kerja bersama Komisi VIII DPR RI, Senin (17/1/2022).

“Kepastian penyelenggaraan ibadah haji, ada atau tidaknya ibadah haji pada 2022, apakah ada atau tidak ibadah haji belum dapat diperoleh,” ujar Gus Yaqut.

Pemberian izin penyelenggaraan ibadah haji berasal dari Pemerintah Arab Saudi. Menag menyampaikan, pemerintah akan terus melakukan koordinasi untuk dapat memastikan terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Itu adalah kewenangan Pemerintah Arab Saudi, tapi kita terus berkoordinasi untuk memastikannya,” jelasnya.

Meski demikian, pemerintah terus melakukan persiapan jika sewaktu-waktu ada kabar baik terkait pelaksanaan ibadah haji. Khususnya terkait dengan perolehan kuota yang disediakan.

Namun, untuk perjanjian kerja sama (MoU) kedua pihak masih belum mendapatkan kejelasan. Pihak Saudi masih belum mau membeberkan apakah akan ada kuota haji pada 2022 ini.

Padahal biasanya MoU dilaksanakan pada Desember sampai awal Januari. “Pemerintah Arab Saudi belum bisa berbicara banyak soal itu, belum adanya pembicaraan ini bukan hanya kepada Indonesia saja, tapi juga negara lain yang menyelenggarakan ibadah haji,” ujar Menag. (jp)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: