Iran dan Arab Saudi Akan Membangun Kembali Hubungan Diplomatik

Iran dan Arab Saudi Akan Membangun Kembali Hubungan Diplomatik

Radartasik.comIran dan Arab Saudi sedang bersiap untuk membuka kembali kedutaan mereka masing-masing di Teheran dan Riyadh, dan akan membangun kembali hubungan diplomatik penuh, kata seorang anggota parlemen Iran.

Hubungan antara dua kekuatan regional utama sedang dihidupkan kembali dan kedutaan sedang bersiap untuk dibuka, tulis Jalil Rahimi Jahanabadi, anggota Komite Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri parlemen Iran di twitternya pada hari Sabtu (15/1/2022).

“Ini memiliki implikasi penting dalam mengurangi ketegangan regional dan meningkatkan kohesi dunia Muslim,” tamba Jalil Rahimi dikutip dari Russian Today.

Dia mengakhiri tu;isanya dengan menyerukan media dan badan-badan keamanan di seluruh dunia untuk berhati-hati terhadap kebejatan Zionis dan kebodohan para ekstremis. ”

Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran pada tahun 2016, setelah serangan terhadap misi negara di Iran, yang dipicu oleh eksekusi ulama Syiah Arab Saudi terkemuka, Nimr Baqir al-Nimr.

Ketegangan antara Iran Syiah dan Arab Saudi Sunni semakin memburuk selama perang di Yaman, di mana Riyadh campur tangan di pihak pasukan Presiden Abdrabbuh Mansur Hadi.

Terlepas dari ketegangan saat ini, Riyadh dan Teheran meluncurkan pembicaraan langsung tahun lalu, meskipun tidak menghasilkan hasil yang nyata. Kementerian Luar Negeri Iran mengumumkan pada 10 Januari, bagaimanapun, bahwa putaran baru pembicaraan akan berlangsung di Irak akhir tahun ini. (sal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: