Booster Mulai Menyasar Masyarakat Lansia

Booster Mulai Menyasar Masyarakat Lansia

radartasik.com, GARUT KOTA — Pemerintah Kabupaten Garut mulai melaksanakan vaksin dosis ketiga atau booster untuk masyarakat. Masyarakat lanjut usia (lansia) dan masyarakat yang punya komorbid atau penyakit penyerta menjadi target sasaran vaksinasi ini.


“Karena mereka paling rentan terpapar,” ujar Bupati Garut H Rudy Gunawan usia melakukan kick off vaksinasi dosis ketiga atau booster di Gedung Pendopo Kecamatan Garut Kota, Sabtu (15/1/2022).

Rudy menerangkan, dalam vaksinasi booster, tidak seperti dosis kesatu dan kedua yang menyediakan pelayanan door to door, melainkan pelayanan vaksinasi hanya dilakukan di puskesmas, klinik, rumah sakit serta di fasilitas kesehatan lainnya.

“Jadi kalau mau divaksin booster datang saja ke fasilitas kesehatan,” ujarnya. Pihaknya akan segera menambah bilik di Sentra Vaksinasi Covid-19 Gedung Pendopo jika masyarakat peminat vaksinasi booster tinggi.

Rudy menerangkan, meskipun kini terdapat vaksinasi booster, pihaknya juga terus melakukan gerakan cepat vaksinasi dosis kesatu dan kedua, terutama vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun.

Sekretaris Dinas Kesehatan Garut dr Leli Yuliani mengatakan, vaksinasi booster juga ditargetkan untuk masyarakat yang memiliki imunokompromais.

Imunokompromais atau imonodefisiensi adalah suatu kondisi melemahnya sistem imun yang ditandai dengan efek kuantitatif pada sistem imun seluler, humoral atau keduanya.

Target dalam kick off vaksinasi booster lansia di Kabupaten Garut adalah sebanyak 700 dosis. “Kalau untuk seluruh lansia di Kabupaten Garut sekitar 57 ribu ya, tapi kalau hari ini kick off itu sekitar 700 (dosis),” katanya. Ia berharap dengan vaksinasi booster bisa meningkatkan kekebalan imun tubuh masyarakat, khususnya lansia terhadap virus corona.

Peserta vaksinasi booster khusus lansia, Liyaya Sevina (63) mengaku senang setelah mendapatkan vaksinasi booster. “Senang sekali (bisa mendapat vaksinasi booster) pak, harapannya semoga semua dapat vaksin ketiga, (dan) rakyat (serta) bangsa kita sehat selalu,” paparnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: