Rusia Tangkap Genk Hacker REvil

Rusia Tangkap Genk Hacker REvil

Radartasik.comPemerintahan Biden senang setelah keamanan Rusia menangkap beberapa tersangka peretas, termasuk satu orang yang diduga berada di balik serangan ransomware yang menyebabkan kekurangan bahan bakar selama seminggu di AS tahun lalu.

Seorang pejabat senior administrasi, mengatakan Moskow telah memberi tahu Washington tentang penangkapan itu, termasuk salah satu orang tersangka yang bertanggung jawab atas serangan Mei 2021 yang melumpuhkan jaringan distribusi bahan bakar AS.

“Dalam pikiran kami, penangkapan ini tidak terkait dengan apa yang terjadi dengan Rusia dan Ukraina. Saya tidak berbicara untuk motif pemerintah, tetapi kami senang dengan penangkapan awal ini, ” kata pejabat yang tidak disebutkan namanya, menurut Axios.

Hal ini menjadi kabar baik ditengah ketegangan setelah AS menuduh Rusia merencanakan invasi ke Ukraina selama beberapa minggu sekarang, dengan Moskow menolak tuduhan itu sebagai berita palsu.

Dikutip dari Russian Today, pada hari Jumat (14/1/2022), Layanan Keamanan Federal Rusia (FSB) mengumumkan telah melakukan penggerebekan di tiga wilayah, Moskow, St. Petersburg dan Lipetsk yang menargetkan tersangka peretas, setelah menerima pemberitahuan dari otoritas AS tentang dugaan aktivitas kriminal mereka.

Orang-orang yang ditangkap dilaporkan adalah anggota REvil, sebuah kelompok peretasan yang berspesialisasi dalam serangan ransomware, dan disalahkan atas serangan Juni 2021 terhadap konglomerat pemrosesan daging JBS dan platform manajemen TI yang berbasis di AS Kaseya pada bulan Juli. 

Serangan Colonial Pipeline awalnya dikaitkan dengan geng yang berbeda, yang disebut DarkSide

Perusahaan, yang menjalankan jalur pipa yang menyediakan sebagian besar bahan bakar di AS bagian selatan dan timur, terpaksa menutup operasinya selama beberapa hari pada Mei 2021, setelah serangan ransomware memengaruhi layanan faktur otomatisnya. 

Gangguan selama seminggu dalam pasokan menyebabkan kekurangan bahan bakar di beberapa negara bagian dan Washington, DC. 

CEO Colonial Joseph Blount kemudian mengakui bahwa dia membayar $ 4,4 juta sebagai uang tebusan kepada para peretas, dengan mengatakan itu adalah hal benar yang dilakukan untuk negara. 

Padahal di bulan Juli 2021, FBI juga menuduh DarkSide atas serangan tersebut, bahkan membual mereka telah menyita sekitar $2,3 juta dalam bentuk bitcoin dari akun jaringan peretas itu. (sal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: