Sehari, Bencana di Kota Tasikmalaya Terjadi di 11 Lokasi, Didominasi Pohon Tumbang

Sehari, Bencana di Kota Tasikmalaya Terjadi di 11 Lokasi, Didominasi Pohon Tumbang

Radartasik.com, TASIK — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya mendata, akibat cuaca ekstrem Jumat (14/1/2022), terjadi bencana di 11 lokasi yang didominasi pohon tumbang.


Kepala Seksi Penanggulangan Bencana (PB) BPBD Kota Tasikmalaya Erik Yowanda merinci bencana di 11 titik itu.

Bencana-bencana itu antara lain pohon tumbang menimpa rumah. Itu terjadi di Kecamatan Purbaratu di lima titik. Kemudian genangan air di Kecamatan Tawang (Puskesmas Kahuripan).

Berikutnya, longsor menimpa dinding rumah di Kecamatan Mangkubumi, kabel listrik putus di Kecamatan Cibereum dan atap rumah rusak akibat tersambar petir Kecamatan Purbaratu. 

"Dari 11 titik itu terjadi di empat kecamatan di Kota Tasikmalaya," kata Erik Yowanda kepada radartasik.com, Sabtu (15/1/2022).

Menurutnya dia, bencana dari kejadian Jumat sore itu didominasi oleh pohon tumbang, karena hujan deras disertai oleh angin. 

Melihat cuaca ekstrem ini masih akan terjadi bahkan puncaknya pada Bulan Januari ini masyarakat harus lebih waspada. 

"Salah satunya bila melihat ada gumpalan awan hitam, cepat berlindung ditempat aman," katanya.

Apalagi, kata dia, dalam waktu satu minggu ini tercatat lebih dari 30 kejadian bencana di Kota Tasikmalaya, baik pohon tumbang maupun bencana lainnya. 

"Masyarakat harus lebih waspada, karena dalam cuaca ekstrem ini yang paling berdampak yakni anginnya," kata dia. (ujang nandar / radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: