Vaksinasi Booster di Kota Tasikmalaya Dimulai, Pemkot Tasikmalaya Ajukan 50 Ribu Dosis

Vaksinasi Booster di Kota Tasikmalaya Dimulai, Pemkot Tasikmalaya Ajukan 50 Ribu Dosis

Radartasik.com, TASIK — Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya hari ini, Jumat (14/01/22) telah memulai vaksinasi dosis ketiga atau booster


Vaksinasi dosis ketiga ini dimulai di Bale Kota Tasikmalaya Jalan Letnan Harun Nomor 1 Kota Tasikmalaya. Di Bale Kota Tasikmalaya, para ASN yang bekerja di sana dan kantor dinas di sekitarnya mendapatkan suntikan dosis ketiga. 

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Pengendalian dan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya, dr H Asep Hendra Hendriana.

"Booster ini kita lakukan setelah kemarin Presiden Jokowi mengumumkan bahwa dimulai pada 12 Januari 2022 diizinkan melaksanakan vaksinasi booster," katanya kepada radartasik.com.

"Tetapi kami baru memulai hari ini karena kemarin menunggu surat dari Kementerian Kesehatan kaitannya dengan petunjuk teknisnya dan lainnya," sambungnya.

Kemarin, Kamis (13/01/22), terang dr Asep, pihaknya baru menerima surat itu. Hari ini pihaknya melakukan dan perdana di Kota Tasikmalaya dilaksanakan di Bale Kota Tasikmalaya.

"Kenapa hari ini? Karena vaksin untuk booster kami belum mendapatkan kiriman lagi dari pusat. Vaksin booster hari ini adalah yang kami miliki dan belum digunakan saat pengiriman perdana serta masuk kategori booster," terangnya.

Walaupun demikian, tambah Asep, vaksinasi booster ini belum dibuka di puskesmas dan layanan lainnya. Pihaknya baru buka di Bale Kota Tasikmalaya dulu. 

"Untuk total kebutuhan booster keseluruhan se-Kota Tasikmalaya kita belum hitung. Tapi yang pasti syarat utamanya adalah sudah 2 kali divaksin dengan jarak 6 bulan yang lalu," tambahnya.

Disinggung berapa banyak kebutuhan booster untuk warga Kota Tasikmalaya, jelas Asep, belum dicek ulang pada Juni 2021 lalu berapa ratus ribu orang yang divaksin dosis 2 lengkap.

"Karena kalau Juli belum masuk ke 6 bulan. Kalau Juli itu nanti di Februari masuknya. Pastinya droping untuk booster ini untuk kita belum diketahui pastinya. Kalau total nasional sudah ada 400 juta dosis di pusat. Tapi itu untuk seluruh provinsi," jelasnya.

Tukas dia, pihaknya akan mengajukan 50 ribu dosis dulu. Karena vaksin itu kan halfdose artinya 1 dosis untuk 2 vaksin(asi).

"Hari ini kami siapkan 500 dosis ya untuk lingkup Balai Kota Tasikmalaya, Setda dan beberapa SKPD yang ada di Bale Kota sesuai instruksi Pak Wali Kota dan Pak Sekda" tukasnya.

Prioritas utama booster ini, kata dia, adalah lansia dan masyarakat yang punya penyakit immuno kompresi (daya tahan tubuh yang lemah) jadi itu yang memerlukan booster. 

Pantauan radartasik.com di lokasi, hampir seluruh kepala SKPD, sekda, asda, staf ahli, para camat, ASN dan THL divaksin booster. (rezza rizaldi / radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: