Dimulai Hari Ini, Vaksinasi Ketiga atau Booster Gratis untuk Masyarakat

Dimulai Hari Ini, Vaksinasi Ketiga atau Booster Gratis untuk Masyarakat

Radartasik.com, JAKARTA — Usulan dan saran dari berbagai pihak agar vaksinasi booster atau vaksinasi ketiga bagi masyarakat Indonesia digratiskan akhirnya mendapatkan respons positif dari pemerintah.


Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa vaksinasi booster untuk seluruh rakyat Indonesia gratis, karena pemerintah mengedepankan keselamatan rakyat adalah faktor penting.

“Untuk itu saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis bagi seluruh rakyat Indonesia. Karena sekali lagi saya tegaskan bahwa keselamatan rakyat adalah yang utama,” ujar Presiden Jokowi saat jumpa pers di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (11/1/2021).

Presiden Jokowi mengatakan pemerintah akan memulai vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster pada 12 Januari 2022 mendatang.

Menurut Presiden Jokowi, vaksinasi Covid-19 dosis ketiga ini diprioritaskan kepada masyarakat lanjut usia (lansia) dan juga kelompok rentan.

“Bapak ibu dan saudara-saudara mulai tanggal 12 Januari 2022 pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menuturkan, upaya pemerintah melakukan vaksinasi dosis ketiga ini untuk meningkatkan kekebalan komunal dari bahayanya penularan virus corona yang saat ini sedang mewabah di tanah air.

“Upaya ini penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat virus Covid-19 yang terus bermutasi,” katanya.

Presiden Jokowi menjelaskan, syarat dan ketentuan yang dibutuhkan untuk menerima vaksinanasi dosis ketiga ini adalah si calon penerima sudah menerima vaksin Covid-19 dosis kedua lebih dari 6 bulan sebelumnya.

Presiden Jokowi berujar, meski sudah divaksin masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

“Karena vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan merupakan kunci dalam mengatasi Covid-19,” ujarnya.

Sebelumnya Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Masdalina Pane dan Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Tulus Abadi berharap vaksinasi booster untuk seluruh rakyat Indonesia digratiskan. (gw/jp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: