Reaktivasi Jalur KA Cibatu-Garut Rampung, Ridwan Kamil Berharap Segera Diresmikan

Reaktivasi Jalur KA Cibatu-Garut Rampung, Ridwan Kamil Berharap Segera Diresmikan

Radartasik.com, GARUT — Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melakukan inspeksi terakhir jalur kereta api Cibatu-Garut yang telah rampung 100 persen pembanngunanmya. Pengecekan kesiapan teknis dimulai dari Stasiun Bandung, Cibatu, Pasir Jengkol, Wanaraja, sampai Stasiun Garut Kota, menggunakan kereta inspeksi 4.

Ridwan Kamil pun memastikan persiapan reaktivasi jalur kereta api sepanjang 19,5 kilometer itu sudah 100 persen dan siap digunakan. “Saya klaim persiapannya sudah 100 persen,” kata Ridwan Kamil di Stasiun Garut Kota, Kamis (06/01/2022).

Dia berharap, Kementerian Perhubungan RI selaku pemegang otoritas agar segera meresmikan jalur tersebut. Karena jalur kereta api tersebut sangat dinantikan masyarakat. Saat ini, pengoperasian jalur kereta api Cibatu-Garut tinggal menunggu finalisasi administrasi.

“Kewenangannya ada di Pak Menteri Perhubungan. Saya harap bisa secepatnya menyelesaikan proses administrasi sehingga warga bisa menikmati fasilitas yang dinantikan ini,” ucapnya.

Dalam inspeksi tersebut, Ridwan Kamil didampingi langsung oleh Dirut PT KAI Didiek Hartantyo. Mereka berhenti di tiga stasiun pemberhentian yaitu, Pasir Jengkol, Wanaraja, dan Garut.

Menurutnya, tiga stasiun tersebut walaupun kecil tapi memiliki fasilitas modern dan lengkap. Pelayanan kepada masyarakat pun diyakininya akan maksimal dengan hadirnya fasilitas bagi penyandang disabilitas.

“Kami berhenti di tiga stasiun, kecil tapi keren dan pelayanannya modern sekali, bangga saya melihatnya,” Kang Emi, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Di Stasiun Wanaraja, Kang Emil pun sempat meninjau vaksinasi Covid-19 yang berlangsung di area stasiun dan di dalam kereta klinik. Sejumlah warga pun menyampaikan harapannya agar jalur kereta Cibatu-Garut segera dioperasikan.

“Tadi saya wawancara warga. Mereka betul-betul berharap secepatnya dibuka agar perjalanan antar-Garut atau ke Bandung dan Jakarta bisa lebih mudah dan murah,” pungkasnya. (jun/rc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: