Ruas Tol Gedebage-Tasikmalaya Selesai 2024, Jalur Tol Tasikmalaya-Cilacap Tuntas 2029

Ruas Tol Gedebage-Tasikmalaya Selesai 2024, Jalur Tol Tasikmalaya-Cilacap Tuntas 2029

Radartasik.com, JAKARTA — Keterhubungan antar provinsi di Indonesia akan semakin tercipta. Salah satunya melalui pembangunan jalan tol.


Provinsi Jawa Barat dengan Jawa Tengah akan memiliki jalur keterhubungan baru, selain melalui Jalur Selatan Jawa, juga melalui Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap. 

Jalan Tol Gedebage—Tasikmalaya—Cilacap memiliki panjang total panjang 206,65 kilometer (km) dan nilai investasi Rp 56 triliun.

Pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap akan dibangun dua tahap. Berdasarkan keterangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), konstruksi tahap pertama —Jalan Tol Gedebage—Tasikmalaya—Cilacap– akan dimulai pada 2022 yakni ruas Tol Gedebage—Tasikmalaya.

Menurut Anggota BPJT Unsur Profesi Koentjahjo Pamboedi, tahap konstruksi ruas Tol Gedebage—Tasikmalaya—Cilacap dimulai 2022 sampai selesai 2024.

Kemudian pembangunan tahap dua dari ruas Tol Tasikmalaya—Cilacap akan dimulai pada 2027 diperkirakan selesai pada 2029. Nanti terdapat jeda pengoperasian sekitar 3 tahun.

”Dengan adanya jeda schedule konstruksi tersebut sehingga financial close untuk investasi ruas tol ini dapat dilakukan 2 kali. Yakni kebutuhan ruas Gedebage—Tasikmalaya terlebih dahulu kemudian Tasikmalaya—Cilacap,” ujar Koentjahjo di Jakarta, Kamis (6/1/2021).

Corporate Communication and Community Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, sebagai perusahaan pengembang dan operator jalan tol terbesar di Indonesia, Jasa Marga dan konsorsium yang memenangkan tander pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, konsisten melakukan penambahan konsesi jalan tol.

Penambahan konsesi jalan tol di Indonesia, kata Heru, dalam rangka menciptakan value bagi pemegang saham sekaligus mempertahankan posisi sebagai market leader dalam industri jalan tol di Indonesia.

"Sejalan dengan Rencana Jangka Janjang Perusahaan (RJPP), Jasa Marga telah mengikuti lelang pengusahaan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap bersama mitra konsorsium, dan berdasarkan Surat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor PB.02.01-Mn/2170 tanggal 10 Desember 2021, Konsorsium Jasa Marga dinyatakan sebagai pemenang pelelangan investasi Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, sepanjang 206,65 Km," demikian ungkap Heru kepada Fin.co.id, saat dihubungi pada Kamis (6/1/2022). (fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: