Jalan Sukadana Sempat Tertutup Longsor, Pembersihan Material Tanah Dilakukan dengan Gotong Royong

Jalan Sukadana Sempat Tertutup Longsor, Pembersihan Material Tanah Dilakukan dengan Gotong Royong

radartasik.com, CIAMIS — Jalan penghubung Kecamatan Sukadana-Rancah tepatnya di Dusun Desa Kolot RT/RW 25/07 Desa Margaharja Kecamatan Sukadana sempat tertutup longsor dan pohon tumbang, Rabu (5/1/2022) sore.


Pada Kamis (6/1/2022) pagi berhasil dibersihkan dengan gotong royong masyarakat.

Syarifudin (51), warga sekitar lokasi longsor mengatakan, hujan deras serta angin kencang ini mengakibatkan tanah longsor dan pohon tumbang.

“Longsoran tanahnya menimpa jalan kabupaten yang menghubungkan antara Kecamatan Sukadana dan Rancah,” ujar dia kepada Radar, kemarin.

“Dari kejadian itu material longsoran tanah dari tebing setinggi kurang lebih 5 meter dan panjang 20 meter dengan ketebalan lumpur kurang lebih 15 centimeter menimbun badan jalan,” kata dia, menambahkan.

Akibat material longsor yang menutupi badan jalan, kata dia, arus lalu lintas dari kedua arah macet.

“Jam 19.30, Unit Damkar Kecamatan Rancah beserta TNI-Polri, BPBD dan warga melakukan upaya pembersihan jalan dari material lumpur dan memotong pohon secara gotong royong. Alhamdulillah malam sudah bisa dilalui, tapi masih licin. Kemudian Kamis pagi disemprot sampai benar-benar normal,” paparnya.

Ketua Tagana Kabupaten Ciamis Ade Waluya mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada masyarakat yang sudah bersedia gotong royong membersihkan material tanah longsor yang menutupi badan jalan.

“Tidak butuh waktu lama, jalan sudah kembali bisa dilalui. Kemudian Tagana juga mengimbau masyarakat untuk lebih waspada pada musim hujan seperti ini, karena Ciamis rawan berbagi kejadian bencana,” tuntasnya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: