Fokuskan CSR untuk Pemulihan Ekonomi

Fokuskan CSR untuk Pemulihan Ekonomi

radartasik.com, SINGAPARNA - Komisi VI DPR RI meminta corporate social responsibility (CSR) difokuskan untuk pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Salah satunya melalui bantuan atau program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ada.


Anggota DPR RI Komisi VI KH Acep Adang Ruhiat MSi mengatakan, dalam kegiatan edukasi dan penyampaian dihadapan para mahasiswa Universitas Cipasung (Uncip) Tasikmalaya, disampaikan soal peran CSR BUMN terhadap pemulihan ekonomi masyarakat.

Menurutnya, di tengah pandemi yang belum usai serta beratnya tantangan ekonomi global serta regional, jangan sampai menyurutkan program-program unggulan BUMN dalam rangka meningkatkan dan memperkuat perekonomian masyarakat di masa pandemi ini.

Program CSR atau TJSL merupakan program yang harus digenjot oleh Kementerian BUMN sebagai tulang punggung pemulihan ekonomi masyarakat. Melalui tiga aspek, yaitu pendidikan, lingkungan dan UMKM, peran Kementerian BUMN harus difokuskan. Dengan begitu program TJSL yang dijalankan akan segera memberikan dampak bagi pemulihan ekonomi masyarakat.

Kata dia, program tersebut sudah memberikan dampak, tapi pemerintah melalui BUMN masih belum puas karena masih menginginkan hasil serta pengaruh lebih besar lagi, terutama fokus serta layanan kepada UMKM guna mengembalikan kekuatan UMKM sebagai roda perekonomian.

Pada intinya, kata dia, tujuannya penyampaian CSR dalam pemulihan ekonomi ini, memberikan pengetahuan kepada warga masyarakat tentang program CSR BUMN serta manfaatnya.

“Membantu UMKM untuk dapat membangun jejaring serta dapat bertemu dengan ekosistemnya hingga akhirnya dapat bersinergi dengan badan pembiayaan atau financial,” ungkap Acep kepada Radar, kemarin.

Wakil Rektor 1, H Ari Arisman MM mengatakan kegiatan yang dilaksanakan oleh DPR RI Komisi VI di Universitas Cipasung (Uncip) tentang peran penting CSR di masyarakat sangat baik bagi mahasiswa agar mengetahui perannya dalam pemulihan ekonomi.

“Kami menyambut baik kegiatan nya, dan nantinya oleh para mahasiswa bisa disampaikan kembali kepada masyarakat. Terkait siapa saja yang bisa mendapatkan CSR BUMN, seperti UMKM dan masyarakat umum,” kata Ari. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: