2.042 Kartu Tani di Ciamis Bermasalah, Banyak Petani Belum Mengambil Kartu Pupuk Subsidi

2.042 Kartu Tani di Ciamis Bermasalah, Banyak Petani Belum Mengambil Kartu Pupuk Subsidi

radartasik.com, CIAMIS — Akhirnya, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Ciamis S Budi Wibowo buka suara terkait persoalan Kartu Tani yang bermasalah dan dikeluhkan para petani.


Sampai 31 Desember 2021 total ada 138.037 Kartu Tani, dari jumlah tersebut baru 135.995 kartu yang sudah valid. Sementara 2.042 masih bermasalah dan terus diperbaiki.

Kata dia, banyak faktor ribuan Kartu Tani ini bermasalah dan belum bisa digunakan, di antaranya nama pemilik benar tapi NIK-nya salah atau sebaliknya. Ada juga kuotanya tidak wajar.

“Mungkin pada waktu pendataan petani mencantumkan lahanya melebihi lahan yang disubsidi. Untuk pupuk subsidi Kartu Tani ini maksimal dua hektare, melebihi dua hektare  otomatis tidak bisa,” ujarnya kepada Radar, Rabu (5/1/2022).

“Bahkan ada kartu yang tidak tersalurkan atau tidak diambil oleh pemiliknya. Kemudian juga ada beberapa permasalahan atau kendala di lapangan. Sebenarnya kalau dengan pihak Bank Mandiri itu sudah terjadwal,” ujar dia, menjelaskan.

Wahyu, petani asal Cihaurbeuti mengaku sebenarnya bagus dengan hadirnya kartu tani, tapi kalau bisa pupuknya ditambah lagi agar selalu ada.

“Saya harap kuota pupuk subsidi yang ditambah agar petani tidak kesulitan cari pupuk subsidi,” tuntasnya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: