Produktif, Aset UPK Pancatengah Rp 9,7 Miliar

Produktif, Aset UPK Pancatengah Rp 9,7 Miliar

radartasik.com, PANCATENGAH — Unit Pengelola Kegiatan Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (UPK-DAPM) Kecamatan Pancatengah menggelar laporan pertanggungjawaban. Dalam agenda tersebut aset yang dimiliki UPK Pancatengah mencapai Rp 9,7 miliar dan menargetkan keuntungan bersih sebesar Rp 1,1 miliar di tahun ini.


Konsisten membantu produktivitas masyarakat dalam mengembangkan dan mengelola usahanya. Kemudian profesional dalam mengelola dana bergulir menjadikan UPK Pancatengah bisa bertahan sampai saat ini.

Ketua UPK Kecamatan Pancatengah Engkus Sumarna SIP menjelaskan, modal awal bantuan langsung masyarakat (BLM) di Kecamatan Pancatengah nilainya Rp 3.000.375.500. Dalam pemanfaatannya, berupa bantuan sosial untuk kelompok usaha masyarakat, UMKM dan lainnya. Sementara itu, aset produktif UPK Pancatengah di masyarakat yang bergulir sampai saat ini nilainya Rp 9.722.657.170.

“Bantuan masyarakat ini digunakan oleh masyarakat di bidang pertanian, peternakan, tukang jahit, dagang, produk olahan makanan rumahan dan usaha lainnya,” terang Engkus.

Keuntungan bersih UPK Pancatengah tahun 2021, tambah dia, sebesar Rp 751.994.390. Sedangkan untuk target tahun 2022 itu Rp 1,1 miliar keuntungan bersihnya. “Mudah-mudahan kehadiran UPK ini bisa membuat masyarakat lebih produktif lagi dan memiliki usaha. Kemudian pandemi berangsur normal dan perekonomian masyarakat kembali menggeliat,” paparnya. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: