Cara Mudah Cek Tagihan dan Pembayaran Listrik Awal Bulan

Cara Mudah Cek Tagihan dan Pembayaran Listrik Awal Bulan

Radartasik.com, JAKARTA — Pelanggan postpaid atau pascabayar PT PLN bisa mengecek sekaligus membayar tagihan listrik dengan mudah setiap awal bulan.


Bagaimana cara mengecek tagihan listrik bagi pelanggan postpaid? Simak penjelasan Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi !

Cek Tagihan
Unduh aplikasi PLN Mobile di smartphone.
- Setelah berhasil meng-install aplikasi PLN Mobile lalu lakukan login.
- Apabila belum memiliki akun, pilih ”Daftar” lalu isi nama lengkap, ID 
  Pelanggan atau nomor meter, lokasi, nomor ponsel, email aktif, dan password.
- Setelah masuk ke dashboard akun, pilih tab ”Informasi” yang berada di 
  halaman depan. Klik ”Informasi Tagihan dan Token Listrik”.
- Nanti, sistem akan menampilkan tagihan listrik dan jumlah pemakaiannya 
  serta riwayat tagihan.

Cara Pembayaran
Sementara untuk melakukan pembayaran setidaknya ada tiga pilihan menu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan atau membeli token listrik.

Opsi Pertama
1. Pilih menu ”Kelistrikan”
2. Pilih ID Pel yang akan dilakukan proses pembayaran rekening listrik, atau
3. Menuju pada menu ”Pemberitahuan” (untuk ID pelanggan pascabayar yang 
    telah didaftarkan pada akun PLN Mobile).

Opsi Kedua
1. Pilih Menu ”Token dan Pembayaran”
2. Masukkan Nomor ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran (apabila 
    belum terdaftar pada akun PLN Mobile), atau
3. Pilih ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran (apabila sudah 
    terdaftar pada akun PLN Mobile)

Opsi Ketiga
1. Menuju pada fitur ”Pemberitahuan”
2. Apabila pelanggan telah mendaftarkan ID Pelanggan pada PLN Mobile akan 
   tertampil pemberitahuan antara lain salah satunya Tagihan Listrik 
   (Pasca Bayar).
3. Setelah itu, pelanggan akan ditujukan untuk melakukan pembayaran. Berikut caranya:
  - Akan tampil daftar tagihan, pilih tagihan yang terbit, pilih ”PILIH TAGIHAN”
  - Akan muncul detil tagihan pilih ”LANJUTKAN PEMBAYARAN”
  - Muncul halaman pembayaran, pelanggan dapat memilih metode 
    pembayaran dengan pilih ”GANTI METODE PEMBAYARAN”. Apabila sudah 
    memilih metode pembayaran, pilih ”BAYAR”
  - Akan tampil Batas Waktu Pembayaran, selesaikan pembayaran, apabila 
    telah selesai, pilih ”LIHAT TRANSAKSI SAYA”, akan terhubung ke halamat 
    riwayat transaksi.
  - Pelanggan akan menerima notifikasi di HP-nya seperti gambar di atas. (lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: