Literasi Fatayat NU Bentuk Penulis Andal

Literasi Fatayat NU Bentuk Penulis Andal

radartasik.comSINGAPARNA - Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tasikmalaya menggelar launching Literasi Fatayat NU (LIFNU) sekaligus pelatihan menulis dan menerbitkan buku bagi Fatayat NU di Aula Kantor PCNU Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (30/12/2021).


Ketua PC Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tasikmalaya Lilik Latifah SPd MPKim mengatakan, ada dua kegiatan yang dilaksanakan, pertama launching Literasi Fatayat NU, sekaligus pelatihan menulis dan menerbitkan buku bagi Fatayat NU.

Literasi Fatayat NU adalah komunitas yang mewadahi sahabat-sahabat fatayat di Kabupaten Tasikmalaya yang hobinya menulis. Maka diharapkan dengan adanya komunitas ini, para sahabat fatayat NU ini semakin bergairah untuk terus menulis,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Dia menambahkan, Fatayat NU juga harus adaptif terhadap perkembangan zaman. Selain memiliki kompetensi keahlian masing-masing, juga harus memiliki kompetensi penunjang.

“Seperti melek IT, memiliki keterampilan menulis atau jurnalistik. Ya minimal bisa membuat caption di media sosial yang ada. Membuat caption yang muatannya bisa diambil manfaatnya oleh khalayak umum,” paparnya.

Sehingga, ungkap dia, dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh literasi fatayat NU ini seperti kegiatan menulis bisa menjadi bekal bagi sahabat-sahabat fatayat NU bagaimana teknik menuangkan gagasan dan ide dalam sebuah tulisan.

“Karena memang kebanyakan sahabat di Fatayat NU ini sudah bisa menulis akan tetapi hanya sekadar menulis dan melalui pelatihan ini bisa lebih ditingkatkan lagi skill-nya,” ungkap dia.

Salah satu narasumber yang menyampaikan teknik menulis esai dan artikel dalam acara Literasi Fatayat NU, Dra Hj Affi Endah Navilah MPd mengatakan, dalam kegiatan pelatihan menulis ini, kuncinya adalah menulis harus rajin membaca buku referensi.

“Karena dengan membaca kita akan menambah wawasan, dan akan mendapatkan pengalaman dan gambaran ketika menuangkan ide dan gagasan dalam sebuah tulisan,” ungkap dia. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: