Jangan Ada Permainan Uang, Kandidat Ketua KNPI Harus Punya Gagasan Terbaik

Jangan Ada Permainan Uang, Kandidat Ketua KNPI Harus Punya Gagasan Terbaik

radartasik.com, SINGAPARNA - Ketua DPD KNPI Kabupaten Tasikmalaya periode 2011-2016 dan Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Kabupaten Tasikmalaya H Demi Hamzah Rahadian SH MH meminta figur ketua ke depannya harus bisa menjadi corong pemuda memajukan daerah dalam berbagai sektor.


“Ketua KNPI ke depannya harus seperti jurnalis, menjadi corong, duta, komunikator atau juru bicara pemuda. Mampu mengabarkan potensi dan mengangkat kemajuan daerah bersama pemuda lainnya,” ujar dia.

“Kemudian, kepemimpinannya harus mengikuti era serta membawa KNPI untuk tidak lagi menjadi beban negara dan APBD. Tapi bagaimana membawa KNPI menjadi tulang punggung peningkatan pendapatan daerah,” kata Demi.

Kemudian, tambah dia, calon ketua KNPI tidak perlu restu dan meminta dukungan dari siapa pun. Melainkan harus menggunakan potensi dirinya dalam membangun KNPI. “Jangan sampai dalam perhelatan pemilihan ketua KNPI ada permainan uang. Karena banyak cara untuk meraih simpati sebagai kandidat calon ketua KNPI,” ujar dia.

“Masih banyak cara simpati, tidak perlu restu, meminta doa orang tua saja jika masih ada. Pemuda harus berdaya dan bermanfaat bagi pemerintah dan masyarakat,” paparnya.

Sebelumnya, para kandidat ketua DPD KNPI Kabupaten Tasikmalaya harus mampu memunculkan gagasan yang terbaik ketimbang berebut mencari restu sana-sini. 

Hal itu diungkapkan Ketua Distrik Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Dr H Basuki Rahmat MSi yang juga mantan ketua DPD KNPI Kabupaten Tasikmalaya kepada Radar, Selasa (28/12/2021).

Kata dia, sebagai ketua ormas yang juga berada di bawah naungan KNPI wajar memberikan penilaian terhadap kondisi KNPI hari ini.

“Kita mempunyai parameter untuk memberikan penilaian terhadap KNPI. KNPI itu, wadah berhimpun pemuda dan organisasi kepemudaan. Yang bergabung bukan hanya organisasi kepemudaan, tetapi seluruh pemuda dan organisasi kepemudaan lainnya,” ujarnya.

“Semua pemuda bisa bergabung di KNPI. Artinya bahwa KNPI itu betul-betul harus mampu menyuarakan aspirasi kepemudaan," kata dia.

Kemudian, lanjut dia, jika berpikir dan berbicara pemuda dan kepemudaan pastinya luas sekali. Seperti berbicara terkait pemberdayaan, partisipasi dan semua lini termasuk harus bisa memanfaatkan bonus demografi.

“Artinya sekarang itu sedang masuk di mana fase usia pemuda itu lebih banyak dan mendominasi, ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh KNPI,” kata dia.

Kata dia, dalam waktu dekat ini KNPI akan menggelar musyawarah daerah (musda) untuk memilih ketua dan kepengurusan baru. Momen ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin dalam memilih ketua yang benar-benar memiliki gagasan dalam memajukan kepemudaan.

Maka dari itu, Basuki memiliki beberapa kriteria untuk kandidat ketua KNPI. “Ya saya kira calon ketua harus memahami secara utuh peran dan fungsi KNPI. Harus memiliki kapasitas, teruji kepemimpinannya dan berpengalaman, termasuk terlibat langsung dalam isu kepemudaan,” ujar dia.

“Sejauh ini belum melihat figur yang masuk kriteria ideal tapi yang mendekati ada, yakin pasti akan muncul generasi pemimpin yang memiliki gagasan untuk kepemudaan,” kata dia, menambahkan.

Pada prinsipnya, kata dia, figur ketua KNPI harus tampil mandiri menunjukkan gagasan pribadi seperti apa untuk KNPI. “Jangan sibuk meminta restu sana sini, melainkan harus berpikir gagasannya apa untuk maju menjadi calon ketua KNPI,” kata dia.

“Kalau tidak ada yang muncul, dengan gagasan terbaik untuk kepemudaan saya akan siapkan kader yang memiliki gagasan. Jangan berpikir KNPI itu batu loncatan organisasi. AMS, Pitaloka Siliwangi dan HIMA AMS siap memunculkan kader,” ujar dia. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: