Antisipasi Kebakaran Mobil, Wajib Punya APAR

Antisipasi Kebakaran Mobil, Wajib Punya APAR

Radartasik.com, BANJAR - Kepala UPTD Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Banjar Aam Amijaya menyarankan para pemilik kendaraan roda empat agar melengkapi alat pemadam api ringan (APAR) pada mobil. Penyediaan APAR ini sebenarnya wajib karena sebagai antisipasi jika terjadi kebakaran pada kendaraan. 

Sesuai Peraturan Direktur Jendral Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020, mengenai fasilitas tanggap darurat kendaraan bermotor tentang fasilitas tanggap darurat kendaraan bermotor yang disahkan pada 18 Februari 2020 lalu. 

"Kendaraan keluaran terbaru sudah tersedia APAR di dalamnya, sedangkan untuk mobil keluaran lama itu kembali ke kesadaran masing-masing. Namun wajib ada," tegasnya. 

Aam menyampaikan hal ini sekaligus untuk mengantisipasi seperti kebakaran mobil Daihatsu Sigra di Tugu Selamat Datang Kota Banjar. "Ini masukan dari komunitas pengguna mobil Daihatsu Sigra, timbulnya kepulan asap muncul dari Ecu pada mobil," kata dia kepada radartasik.com, Rabu (29/12/21). 

Selain itu, penyebab lain kebakaran mobil yakni bisa disebabkan adanya beban berat kendaraan yang dimodifikasi. Maka ketika timbul kepulan asap dari bagian mesin, ada baiknya pengemudi keluar sambil membawa APAR yang telah disediakan. 

Sebetulnya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sejak Januari 2021, melengkapi seluruh line up mobilnya dengan APAR. Hal ini demi meningkatkan faktor keamanan sebuah kendaraan bagi penggunanya. 

Daihatsu meletakkan APAR pada bracket di posisi bawah bangku penumpang depan pada seluruh jenis kendaraannya untuk jenis kendaraan penumpang dan komersil. Posisi peletakkan pada area ini dipertimbangkan karena mudah dijangkau oleh penumpang, maupun pengemudi.

Sehingga mudah digunakan ketika dibutuhkan, namun tetap memberikan kenyamanan bagi penumpang di depan.

Marketing Product Planning Division Head ADM, Anjar Rosjadi mengatakan dengan adanya fasilitas APAR pada seluruh unit model dan varian Daihatsu, membuat pengendara lebih tenang saat berkendara.

“Karena bagi Daihatsu, keamanan dan kenyamanan pelanggan adalah prioritas utama,” ujarnya kepada JawaPos.com, Jumat (5/2) lalu di Jakarta. (jpg/anto sugiarto/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: