Rusia Salahkan Barat Atas Ancaman Krisis Pangan

Rusia Salahkan Barat Atas Ancaman Krisis Pangan

Radartasik, Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov menyatakan sanksi yang dijatuhkan pada Moskow adalah penyebab ancaman krisis pangan global bukan karena tindakan dari Rusia.

Menurut Peskov, Vladimir Putin setuju dengan pendapat Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres bahwa ada risiko kelaparan global.

“Itu benar. Tetapi ketika berbicara tentang gandum, presiden mengatakan bahwa sanksi dan pembatasan yang dikenakan penyebab keruntuhan yang kita saksikan sekarang, ”ungkap Peskov.

AS, Inggris, Uni Eropa dan banyak negara lain telah menjatuhkan hukuman berat kepada Rusia sebagai tanggapan atas operasi militernya di Ukraina. Menurut Guterres, serangan Rusia di negara tetangga itu telah menambah masalah yang sudah mempengaruhi situasi di pasar pangan, yaitu perubahan iklim dan dampak dari pandemi Covid-19.

Guterres meminta Moskow untuk berhenti memblokir ekspor makanan dari pelabuhan Ukraina tetapi pada saat yang sama menjelaskan bahwa pupuk dan produk makanan dari Rusia harus diizinkan untuk mencapai pasar dunia tanpa hambatan.

Peskov mencatat bahwa baik Rusia dan Ukraina selalu menjadi pengekspor biji-bijian yang dapat diandalkan dan bahwa Moskow sama sekali tidak mencegah Kiev mengekspor biji-bijian ke Polandia dengan kereta api. Dia juga menekankan bahwa ketika Polandia mengirim kereta api dengan muatan senjata ke Kiev, “Tidak ada yang mencegah mereka mengekspor gandum kembali dengan kereta yang sama.”

Mengenai transportasi laut, juru bicara Kremlin menuduh pasukan Ukraina menanam ranjau laut di Laut Hitam. Tindakan seperti itu membuat perdagangan dan pengiriman hampir tidak mungkin dan tindakan khusus perlu diambil untuk melanjutkan navigasi laut.

“Soal jalur alternatif, sekali lagi kita bukan sumber masalah yang menyebabkan ancaman kelaparan dunia. Sumber masalah ini adalah mereka yang menjatuhkan sanksi, dan sanksi itu sendiri ,” klaim Peskov.

BACA JUGA:Perang Gandum Akan Datang

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Andrey Rudenko juga menyangkal tuduhan karena Moskow memblokir ekspor gandum Ukraina di pelabuhan Laut Hitam yang menyebabkan defisit di pasar gandum.

"Semua tindakan pembatasan yang diberlakukan terhadap ekspor Rusia harus dibatalkan," tegas Rudenko dikutip dari Russian Today.

Awal bulan ini, Wakil Ketua Dewan Keamanan Dmitry Medvedev menekankan bahwa Rusia tidak akan mengekspor makanan yang akan merugikan penduduknya sendiri. Mengacu pada sanksi anti-Rusia, mantan presiden Rusia itu juga mengatakan bahwa Barat sendiri yang harus bertanggung jawab atas ancaman krisis pangan.

Rusia dan Ukraina menjadi pemasok gandum utama, menyumbang sekitar 30% dari ekspor global, harga telah meningkat secara signifikan sejak peluncuran serangan militer Rusia dan sanksi berikutnya yang dikenakan pada Moskow.

Fakta bahwa Rusia, Ukraina, dan Belarusia adalah pemimpin dalam produksi pupuk juga memperburuk situasi di pasar pangan global, sesuatu yang disebutkan oleh Guterres dan Medvedev.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today