Mengonsumsi Makanan Ini, Awas Terjebak Mitos!

Mengonsumsi Makanan Ini, Awas Terjebak Mitos!

Radartasik, JAKARTA – Informasi makanan yang diklaim sehat bertebaran di dunia maya. Jangan terkecoh! Informasi tersebut tidak terbukti 100 persen.

Hal itu diungkapkan ahli gizi dan pendiri Vita-Sol Fiona Tuck. Ia mengatakan makanan sehat yang diinformasikan bisa saja hanya mitos.

Jadi, sekarang Anda harus berhati-hati dengan sejumlah mitos makanan sehat serta jangan sampai salah pilih lho!

Seperti dikutip dari PMJ NEWS, berikut ini adalah 5 mitos makanan sehat yang beredar:

1. Makanan bebas gluten selalu lebih sehat

Makanan bebas gluten memang lebih baik dikonsumsi untuk orang-orang yang menderita penyakit celiac atau intoleransi gluten.

Namun, orang-orang yang tidak memiliki masalah tersebut sebenarnya tidak perlu ikut-ikutan mengonsumsi makanan bebas gluten.

Hanya mengonsumsi makanan bebas gluten justru tidak baik untuk nonpenderita penyakit celiac. Alasannya, makanan ini rendah akan serat.

Dalam memilih roti, misalnya. Roti bebas gluten merupakan pilihan yang lebih sehat untuk penderita penyakit celiac.

Namun untuk nonpenderita penyakit celiac, roti gandum utuh merupakan pilihan yang lebih menyehatkan karena kaya akan gizi dan serat.

2. Jus dan smoothie menu sarapan tersehat

Jus dan smoothie bukan opsi sarapan yang sehat. Meski dibuat sendiri, jus atau smoothie dari buah-buahan umumnya tinggi akan kandungan gula karena membuat smoothie atau jus tak cukup hanya dengan satu buah saja.

Di sisi lain, jus atau smoothie yang dijual bebas biasanya mengandung gula tambahan. Bila memang ingin mengonsumsi jus atau smoothie, lebih baik gunakan sayur-sayuran sebagai bahan dasarnya dibandingkan buah yang manis.

Namun, beberapa jenis sayur seperti beetroot dan wortel juga diketahui mengandung gula yang lebih tinggi dibandingkan sayur lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: