Sidang M Kace Diwarnai Demo, Agenda Masih Pemeriksaan Saksi-Saksi

Sidang M Kace Diwarnai Demo, Agenda Masih Pemeriksaan Saksi-Saksi

radartasik.com, CIAMIS - Sidang lanjutakn terdakwa kasus penistaan agama M Kace di Pengadilan Negeri (PN) Ciamis dengan agenda menghadirkan saksi-saksi diwarnai demo dari Forum Santri Indonesia (FSI) Jawa Barat, Kamis (23/12/2021). 


Pantauan Radar, di luar ruangan sidang terlihat ratusan santri melakukan aksi damai mengguanakan mobil pikap dan pengeras suara. Mereka secara bergantian berorasi di depan Pengadilan Negeri Ciamis.

Sementara, pantauan sidang dari enam saksi baru dihadirkan satu yang juga berjalan lambat, karena penuh perdebatan atara JPU dan pengacara M Kace. Bahkan sempat ada yang berteriak-teriak hingga membuat ricuh, namun bisa ditenangkan petugas dan sidang kembali berjalan, sampai sore sekitar pukul 17.00 pun masih berjalan.

Ketua Forum Santri Indonesia (FSI) Jawa Barat KH Wawan Abdul Malik Marwan mengatakan, kedatangan ratusan santri ke PN Ciamis ini dalam rangka mengawal sidang penista agama. Sekaligus memberikan dukungan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk dituntut seberat-beratnya. 

“Kalau menurut syariat Islam, Kace ini tidak layak hidup. Karena kita hidup di Republik Indonesia yang mempunyai landasan hukum, ya minta dihukum semaksimal mungkin. Kami akan terus mengawal persidangan Kace sampai tuntas dan divonis,” kata dia, menjelaskan.

Terpisah, Humas Pengadilan Negeri Ciamis Indra Muharam membenarkan bahwa sidang kali ini menghadirkan saksi-saksi yang keseluruhannya sampai 26 orang. Rencananya hanya 10 dulu, namun yang hadir di PN Ciamis hanya enam saksi yang memang dihadirkan.

“Sidang sampai malam, karena satu saksi saja dari pukul 09.00 baru beres pukul 12.00 siang. Namun kemungkinan sampai malam, tapi semua itu tergantung majlis hakimnya,” tuntasnya. (isr) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: