Cara BUMDes Dorong Usaha Masyarakat hingga Sukses Menggali PADes

Cara BUMDes Dorong Usaha Masyarakat hingga Sukses Menggali PADes

Radartasik.com, KABUPATEN TASIK — Mengangkat tema Sawala Desa, masyarakat di Desa Wargakerta, Kecamatan Sukarame Kabupaten Tasikmalaya, antusias mencicipi makanan dan hasil produksi usaha masyarakat. Hasil pertanian dan peternakan yang dikelola BUMDes tak sekadar ditampilkan, namun lewat usaha ini BUMDes ternyata mampu menggali potensi PADes hingga 100 juta. 

Kunci sukses pengelolaan BUMDes Wargakerta dalam dua tahun terakhir tidak lepas dari peran dan kebijakan pemerintah desa. Kepala Desa Wargakerta, Nurul Muhtadin, memberikan keleluasan BUMDes untuk mengelola dan mengembangkan usahanya.

Konsen di tiga unit usaha, yakni budidaya maggot, ayam petelur dan budidaya lele, jerih payah ini tak menghianati hasil. Pendapatan asli desa (PADes) perlahan menunjukkan hasil hingga angkanya mencapai 100 juta. 

“Hasilnya belum seberapa. Namun yang terpenting ikhtiar pemberdayaan masyarakat dari sektor UMKM yang dikelola BUMDes, berjalan dengan baik,” ungkap Kepala Desa Nurul Muhtadin kepada radartasik.com, Selasa (21/12/2021). 

Untuk tahun depan, di 2022, PADes diproyeksikan bangkit hingga menembus di angka 400 juta. Kosep yang dijalankan dalam mendongkrak ekonomi masyarakat yang dikelola BUMDes yaitu grosir desa. 

Lewat grosir desa ini, terdapat 120 warung binaan BUMDes yang didalamnya menjual aneka kebutuhan mulai sembako hingga kebutuhan lainnya. 

“Tinggal 10 warung lagi yang akan kita rangkul. Nanti warung-warung ini selain menjual hasil produksi rumahan, juga menjual telur, minyak goreng dan gula. Ini potensi yang akan dikembangkan maksimal, sehingga proyeksi 400 juta itu mudah-mudahan terealisasi,” harapnya.

Usaha Kedes Wargakerta dan BUMDes ini mendapat apresiasi dari Camat Sukarame Winardi Hidayat SIp, MSi. Menurutnya, Desa Wargakerta berhasil merepresentasikan wujud pemerintah daerah di tingkat desa.   

“Kami mendukung usaha yang dijalankan Desa Wargakerta. Semoga, langkah ini diikuti desa-desa lainnya. Sehingga pemerintah desa hadir menjawab apa yang menjadi kebutuhan masyarakatnya,” ungkap camat yang ditemui radartasik.com dalam acara Sawala Desa Wargakerta Selasa (21/12/2021). (try/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: