2022, Empat Juta Bibit Ikan Disebar, Budidaya Perikanan Tahan Goncangan Ekonomi

2022, Empat Juta Bibit Ikan Disebar, Budidaya Perikanan Tahan Goncangan Ekonomi

radartasik.com, CIAMIS - Sektor perikanan di Kabupaten Ciamis memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan hal ini didukung dengan potensi sumber daya alam dan jumlah pembudidaya yang cukup signifikan.


 “Hampir sebagian besar rumah tangga masyarakat di Kabupaten Ciamis memiliki kolam budidaya,” ujar Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya saat menghadiri acara Expo Pembudidaya Perikanan Ciamis (PPC) di Kantor Kecamatan Kawali, Sabtu (18/12/2021).

Menurut Herdiat, saat ini budidaya perikanan jadi tumpuan utama bagi masyarakat. Karena sektor perikanan mempunyai dua nilai strategis yaitu untuk menunjang ketahanan pangan keluarga dan memiliki potensi besar sebagai penggerak perekonomian masyarakat. 

“Pandemi Covid-19 masih menjadi momok penurunan ekonomi secara umum di semua sektor, namun untuk sektor perikanan budidaya mampu menjadi sektor unggulan,” terangnya.

Untuk itu, dirinya akan memaksimalkan sebaran produksi jenis ikan pada tahun 2022. Dengan menargertkan sebanyak 4 juta ekor bibit ikan nila bisa tersebar ke para pembudidaya ikan di Ciamis. “Mudah-mudahan semua terealisasikan di tahun 2022,” tuturnya.

Maka dalam mendorong para pembudidaya perikanan, pihaknya melalui Disnakkan akan bekerja sama dengan kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk menerbitkan 500 sertifikat dari program “SEHAT-KAN” (Sertifikasi Hak Atas Tanah Pembudidaya Ikan) . 

”Saya meminta agar pemilik sertifikat dapat menyimpan dengan rapi dan aman serta memanfaatkannya sebaik mungkin, dengan sertifikat tersebut bisa mendorong kemajuan pembudidaya ikan dalam hal penambahan modal usaha” ungkapnya.

Pemberian sertifikat tersebut, kata Herdiat, merupakan komitmen pemerintah daerah yang senantiasa menssuport pelaku pembudidaya ikan.  “Selamat bekerja kepada seluruh jajaran pengurus PPC, semoga dengan adanya organisasi PPC ini dapat memberikan kontribusi dan pemikiran untuk perkembangan perikanan Ciamis. Maju terus budidaya perikanan Ciamis sinergitas tanpa batas,” paparnya.

Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Dr Lily Aprilia Pregiwati  mengaku akan sepenuhnya membantu pengembangan usaha budidaya perikanan di  Kabupaten Ciamis. Karena sudah jadi komitmen   Presiden dan Menteri KKP. “Usaha pembudidayaan perikanan ini menjadi usaha yang tahan terhadap goncangan ekonomi. Maka kami terus mensupport,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut , Bupati Ciamis Herdiat Sunarya berkesempatan mengunjungi dan melaunching Kampung Nila yang digagas kelompok pembudidaya ikan Pulaka Cikerta di Desa Kawali Kecamatan Kawali. 

Ketua PPC, Hendar Suhendar mengatakan  dibentuknya PPC ini sebagai ikhtiar dalam mengembalikan ikon Ciamis sebagai sentra budidaya ikan gurame soang. “Alhamdulillah misi besar PPC dalam mematenkan  ikan gurame soang mendapat dukungan banyak pihak. Tentunya dengan terlegitimasi akan menjadi energi positif, untuk terus berusaha mendorong geliat ekonomi para pembudidaya ikan di Kabupaten Ciamis nantinya,” jelas dia.

Ketua Kampung  Nila H Wahyu Fadillah  menambahkan bersyukur dengan  adanya launching PPC.  Diharapkan ke depan bisa memacu pembudidaya ikan untuk meraih kesejahteraan. “Karena lebih dari 60 kolam yang ada di kawasan ini baru mampu memenuhi pasar lokal,” tandasnya. (isr/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: