Siapkan Hibah untuk Sekolah Rusak

Siapkan Hibah untuk Sekolah Rusak

radartasik.com, PEUNDEUY — Pemerintah Kabupaten Garut siap memberikan bantuan berupa hibah kepada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Munaajah di Kecamatan Peundeuy. Sekolah tersebut kondisinya rusak.


“Pak bupati sudah menginstruksikan untuk memberikan bantuan dalam bentuk hibah di tahun 2022 kepada sekolah ini (MTs Darul Munajah),” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut Nurdin Yana kepada wartawan, Sabtu (18/12/2021). Nurdin menerangkan bantuan hibah diberikan karena kondisi sekolah memprihatinkan.

MTs Darrul Munaajah, kata dia, merupakan satu-satunya sekolah lanjutan tingkat pertama di Desa Sukanagara Kecamatan Peundeuy. Tidak kurang dari 83 orang anak yang menuntut ilmu di MTs Darrul Munaajah.

“Ada tiga kampung yang menyekolahkan anak-anaknya di sekolah ini, yakni Kampung Cukang Batu, Kampung Sagara dan Kampung Cibariuk,” ujarnya.

Posisi sekolah berada di daerah terpencil, sehingga menjadikan sekolah tersebut strategis untuk menampung lulusan sekolah-sekolah dasar di wilayah tersebut. “Sekolah ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, jadi kita bantu untuk memperbaiki bangunan sekolah yang rusak,” terangnya.

Nurdin menerangkan, berdasarkan hasil peninjauan, dirinya merasa prihatin dengan kondisi ruangan kelas yang sudah tidak layak untuk digunakan belajar. “Kondisi atap yang terbuat dari asbes. Di sana-sini bocor ketika hujan turun. Praktis proses belajar mengajar dihentikan demi keselamatan siswa. Dinding ruangannya banyak bolong-bolong, sehingga ternak atau binatang bisa masuk ke ruangan,” terangnya.

Pihaknya mengaku prihatin terhadap bangunan MTs Darul Munaajah. “Semoga dengan bantuan hibah yang akan diberikan nanti bisa memperbaiki bangunan sekolah, sehingga siswa nyaman ketika belajarnya,” kata dia.

Anggota DPRD Kabupaten Garut Yudha Pudja Turnawan akan mengawal pemberian hibah dari Pemkab Garut kepada MTs Darul Munaajah. Bantuan sangat diperlukan untuk memperbaiki bangunan sekolah yang sudah rusak berat.

“Saya sudah datang dan mengecek kondisi sekolah. Seluruh bangunan sudah rusak dan memprihatinkan, ini patut dibantu,” ujarnya.

Selain mendapatkan bantuan hibah APBD tahun 2022, sekolah juga direncanakan mendapat bantuan CSR dari perusahaan BUMD maupun BUMN di Kabupaten Garut. “Pak sekda akan mengupayakan bantuan CSR, supaya sekolah ini mendapatkan bantuan itu,” paparnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: